Improving Ablution Skills Through the Implementation of Demonstration Methods in Class Students at SDN 020 Pombuntang in 2024/2025
Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas di SDN 020 Pombuntang Tahun 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode domonstrasi dalam meningkatkan berwudu siswa kelas 2 SD Negeri 020 Pombuntang, Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih akademis tentang penerapan metode demonstrasi yang benar terutama pada materi berwudhu. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, dengan masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dirancang untuk memberikan umpan balik berkelanjutan dan memungkinkan perbaikan berkesinambungan terhadap proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) yaitu kepada guru dan siswa kelas II dengan maksud untuk memperoleh data tentang kemampuan siswa dalam berwudu, Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang proses belajar mengajar tentang berwudu. Peneliti juga menggunakan questioner untuk melihan kemampuan siswa dalam berwudhu. Terakhir menggunakan teknik dokumentasi. Penerapan model pembelajaran make macth pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Tata Cara Berwudu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II. Sebelum diadakan penelitian nilai rata-rata siswa sangat rendah yaitu sebanyak 8 siswa belum tuntas, sedangkan 7 siswa tuntas belajar. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik lagi, yaitu dengan nilai rata-rata kelas 83 dan daya serap klasikal 86% dengan kriteria tuntas belajar sebanyak 13 siswa
References
Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 2020.
Chen, P., & Bonner, S. (2017). Teachers’ Beliefs About Grading Practices and a Constructivist Approach to Teaching. Educational Assessment, 22, 18–34. https://doi.org/10.1080/10627197.2016.1271703
Erb, S., & Drysdale, M. (2017). Learning attributes, academic self-efficacy and sense of belonging amongst mature students at a Canadian university. Studies in the Education of Adults, 49, 1–13. https://doi.org/10.1080/02660830.2017.1283754
Hasnawati. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B TK Pusat PAUD Bunga Mawar Kabupaten Gowa. Al-Minhaj: JurnalPendidikanIslam, 1(5).
Husna Fitria, U. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMP Pancasila. R2J, 5(3). https://doi.org/10.38035/rrj.v5i3
Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 111–124. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3733
Kearney, J., Wood, L., & Zuber-Skerritt, O. (2013). Community–University Partnerships: Using Participatory Action Learning and Action Research (PALAR). Gateways: International Journal of Community Research and Engagement, 6, 113. https://doi.org/10.5130/ijcre.v6i1.3105
Kemmis, S., Mctaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Muttaqin, I. A., & Ali, M. (2024). The Role of Islamic Religious Education Teachers in Developing Students’ Social and Moral Skills through an Islamic Values-based Approach at SMP Negeri 1 Nalumsari. 10, 248–255. https://doi.org/10.19109/tadrib.v10i1
Parnawi, A., Mujrimin, B., Fatimah Waro Sari, Y., Wahyudi Ramadhan, B., Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam, S., Teuku Umar, J., Baja Kota, L., Lubuk Baja, K., Batam, K., & Riau, K. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Praktek Salat Siswa Kelas IV di SD Al-Azhar 1 Kota Batam. Journal on Education, 05(02), 4603–4611.
Quin, D., Heerde, J. A., & Toumbourou, J. W. (2018). Teacher support within an ecological model of adolescent development: Predictors of school engagement. Journal of School Psychology, 69, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jsp.2018.04.003
Ramdass, K., & Mokgohloa, K. (2023). Curriculum design in higher education: A reflection. European Conference on E-Learning, 22, 252–260. https://doi.org/10.34190/ecel.22.1.1883
Rohana, S. (2019). Efektifitas Metode Demontrasi dalam Pembelajaran Fiqih. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1.
Rozi Hadiyanto, F., & Ayu Puspita Hapsari, D. (2023). Penerapan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan kemampuan belajar matematika materi pecahan siswa kelas II di SDN 1 Trayu. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3, 453. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Sugandi, D., Syach, A., Febriyanto, D., & Rakeyan Santang, S. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1).
Tamam, A. C., Muhid, A., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2022). Efektivitas Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Ubudiyah untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa: Literature Review. Kariman, 10.
Tirri, K. (2011). Holistic school pedagogy and values: Finnish teachers’ and students’ perspectives. International Journal of Educational Research, 50(3), 159–165. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.07.010