HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING

  • Siti Suprihatiningsih Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Richatul Asmah
  • Kintoko Kintoko

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada hubungan kemandirian belajar dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, (2) Seberapa besar hubungan antara kemandirian belajar dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 30 siswa. Dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Teknik analisis data, uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Hal ini terlihat dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,643 > 0,361. Selain itu dapat dilihat dari nilai hitung (4,446) > t tabel (2,048) (2) bahwa hubungan antara kemandirian belajar dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping cukup kuat dengan persentase sebesar 41,4%. Kemampuan berpikir kritis sebesar 41,4% ditentukan oleh kemandirian belajar. Hal ini terlihat dari nilai koefisien determinasi dengan R square sebesar 0,414.

المراجع

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA).
Mahmudi, D. A. S. and A. (2015). KEEFEKTIFAN EXPERIENTIAL LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA MTs MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2, No 2, 175.
Noer Indria Chrisnawanti, Elok Sudibyo, and Y. (2008). “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Getaran Dan Gelombang.
Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA 1, No 2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kuaalitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar 4, No 1, 29.
منشور
2023-06-30
القسم
Articles