METODE PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI (KAJIAN TEORITIK METODE GLENN DOMAN)

  • Rika Manggu Budela IAIN Pontianak
Keywords: membaca, Glenn Doman

Abstract

Metode pembelajaran membaca pada anak usia dini pada masa ke masa sudah semakin berkembang, namun masih ada dari sebagian orang di masyarakat menganggap membaca tidak diperbolehkan pada anak usia dini padahal membaca adalah suatu kegiatan yang bisa mengasah kecerdasan bahasa pada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) konsep metode Glenn Doman secara teoritis; 2) prosedur penerapan metode Glenn Doman; 3) riset penerapan metode Glenn Doman pada anak usia dini; 4) kelebihan dan kekurangan metode Glenn Doman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu buku yang ditulis oleh Glenn Doman yang berjudul “How to teach your baby to read”. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa:1) metode pembelajaran membaca dengan metode Glenn Doman adalah suatu fungsi otak dan menyangkut pada aspek perkembangan anak yang mana harus dikembangkan secara optimal sejak anak berusia dini; 2) Penerapan metode Glenn Doman dilakukan dengan memperhatikan sikap dan pendekatan serta ukuran dan kerapian. 3) Hasil kajian dari riset-riset terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Glenn Doman ini efektif dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini normal maupun anak berkebutuhan khusus yang memiliki cedera otak; 4) Kelebihan  metode Glenn Doman adalah metode disenangi anak karena dilakukan dengan waktu yang tidak lama dan tidak membuat anak cepat bosan.

References

A. Chaedar Alwasilah. 2009. Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta : Pustaka Jaya.

Agus Hariyanto. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca!: Panduan dan Metode Penerapannya. Yogyakarta: DIVA Press.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Anita Yus. 2015. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ernawulan Syaodih. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Gernawati Siregar. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains (Studi Kasus Pada Sekolah Islam Alam Dan Sains Al-Jannah) Depok Jawa Barat. Cirebon: Cv. Syntax Computama.

Glenn Doman dan Janet Doman (New Ed). 2006. How To Teach Your Baby To Read. Jakarta: Tigaraksa Optima Perkasa.

H. Douglas Brown. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. (Edisi kelima). USA: Pearson Education, Inc.

H.E. Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakraya. Ismanto Setyobudi dan Daryanto. 2015. Panduan Praktis Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: Gava Media.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Lilis Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

M. Nazir. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Thobroni. 2015. Belajar Dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Masnipal. 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mohammad Fauzil Adhim. 2007. Membuat Anak Gila Membaca, Bandung: Mizani.

Noviar Masjidi. 2007. Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta: Media Insani. Nurbiana Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nur Hamzah. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Potter dan Perry. 2009. Fundamental Keperawatan. Buku 3 Edisi 7.Jakarta : Salemba Medika.

Retno Utami. 2018. Panduan Terampil Membaca. Surakarta: CV Teguh Karya. Rita Eka Izzaty, dkk. 2008.Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Solehuddin, dkk. 2008. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Surwana Pringgawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Tatang Muhtar dan Anggi Setia Lengkana. 2019. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga Adaptif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Widarmi D Wijana, dkk. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Y. Budi Artati. 2008. Terampil Membaca. Klaten: PT Intan Pariwara.

Dwi Yulianti, dkk. 2019 Pengaruh Metode Membaca Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. Volume 7 (4): 403-414.

Eko Julianto Wibowo. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II Di Sekolah Kebutuhan Khusus. Jurnal Program Studi PGMI. Volume 2 (2): 69-75.

I Gusti Ayu Putu Dewi Paramita. 2016. Keefektifan Metode Glenn Doman Dalam Mengajar Anak Membaca Permulaan. Jurnal sosial dan Humaniora. Volume 6 No 3.

Katherine Printz dan Margaret Band. 2006. The Effects Of Reading Racketracks and Flashcards on Sight Word Vocabulary: A Case Report Replication. International Journal of Special Education. Volume 21 No.2.

Mercedes Valk, Margaret Band dan T.F McLauglin. 2003. The Effects Of Reading Racketracks and Flashcards on Sight Word Vocabulary of three Third Grade Students With A Specific Learning Disabillity: A Further Replication And Analysis. International Journal of Special Education. Volume 18 No.2.

Milya Sari dan Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Volume 6 (1): 41-53.

Rakhmawati. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Volume 6 No. 1: 3.

Siti Fadjryana Fitroh dan Dewi Mayangsari. 2017. Kreativitas Entrepreneurial Leadership Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 6 No 2.

Tiara Dwi Yunianti, dkk. 2014. Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Di TK Ladas Berendai Prabumulih. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. Volume 1 (1): 4.

Vivi Puspa Indria, dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A Paud Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. Volume 2 (2): 95-100.

Published
2022-07-31
How to Cite
Budela, R. (2022). METODE PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI (KAJIAN TEORITIK METODE GLENN DOMAN). AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i1.2043