PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AZKIA ACEH BESAR

  • Siti Nurhafizah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Muthmainnah Muthmainnah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Putri Rahmi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Keywords: metode eksperimen, Kemampuan Pemecahan Masalah, anak usia dini

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu hal yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini. Salah satu penggunaan metode eksperimen dimana anak dapat terlibat langsung dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di TK IT Azkia Aceh Besar, ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun belum berkembang sebagaimana mestinya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih kurang melibatkan anak secara aktif melalui kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode eksperimen memiliki pengaruh dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah anak kelompok usia 5-6 tahun di IT IT Azkia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 15 orang anak di kelas TK B. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada kegiatan Pretest, diperoleh nilai sebesar 45,75. Namun setelah diberikannya perlakuan atau treatment yakni menggunakan metode eksperimen, nilai yang diperoleh yakni sebesar 71,11. Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan Uji-t, nilai ttabel yang diperoleh yakni sebesar 4,3 dan nilai thitung sebesar 1,761, dengan demikian thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK IT Azkia Aceh Besar.

The ability to solve problems is one of the crucial aspects to be developed in early childhood. One method utilized is through experiments where children can directly engage in the learning process. Based on observations conducted at TK IT Azkia Aceh Besar, it was found that the problem-solving abilities of 5-6-year-old children have not developed as expected. The learning activities conducted still lack active involvement of children through enjoyable activities. This research aims to determine whether the use of experimental methods has an influence on developing problem-solving skills among children aged 5-6 years in IT IT Azkia. The method employed is an experimental method with a One Group Pretest Posttest Design. The research sample consisted of 15 children in TK B class. The research findings revealed that in the Pretest activity, a score of 45.75 was obtained. However, after the treatment was administered, which involved using experimental methods, the obtained score was 71.11. Furthermore, based on the results of the t-test calculation, the obtained t-table value was 4.3, and the t-value was 1.761. Therefore, since the t-value is greater than the t-table value, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (Ho) is rejected. From these calculations, it can be concluded that the use of experimental methods has an influence on the problem-solving abilities of 5-6-year-old children in TK IT Azkia Aceh Besar.

References

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Buku Ajaran Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Surabaya. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).

Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan, Yogyakarta. Suka Press.

Depdiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Dimyati., & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dini, J. P. A. U. (2020). Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Fauziah, Z., dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Pembelajaran sains Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1).

Hermawan, I. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method. Kuningan. Hidayatul quran kuningan.

Rahmah, H., dkk. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Sifat-Sifat Air Anak Usia 5-6 Tahun di RA Maryam SEI Rampah. Jurnal Raudhah, 7(1).

Sanusi, dkk. (2020). Studi Kasus Lingkungan Keluarga Di Desa Pejanggik: Pola Pembiasaan Pemecahan Masalah Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 201–215.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta. Mitra Wacana Media, h. 184-185.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Supartdi. (2016). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, Jakarta. Change Publication.

Syamsuddiin., dkk. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung. Remaja Rosdakarya.

Utami, F. N., & Pusari, R. W. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Pemecahan Masalah Anak Dalam Bermain Balok. Jurnal AudI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 70–79.

Published
2023-12-30
How to Cite
Nurhafizah, S., Muthmainnah, M., & Rahmi, P. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AZKIA ACEH BESAR. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 101-114. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.2124