PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK

  • Widy Cahyaningtyas Alpiana IAIN Pontianak
  • Nur Hamzah IAIN Pontianak
  • Desty Septianawati IAIN Pontianak
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Moral Agama, Anak Usia Dini

Abstract

Terbentuknya moral agama seorang anak dalam masa perkembangan salah    satunya di pengaruhi oleh pola asuh orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Ex-post facto. Populasi adalah seluruh orang tua peserta didik kelompok B TK Islam Harapan Indah Pontianak, sedangkan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan: 1) Pola asuh orang tua di TK Islam Harapan Indah Pontianak cenderung menggunakan pola asuh demokratis yakni sebesar 45%; 2) Perkembangan moral agama anak usia dini di TK Islam Harapan Indah pada kategori sedang 69,2%  yakni sebanyak 36 anak; dan 3) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral agama anak usia dini yakni sebesar 11,4%. Nilai Fhitung 6,453 > Ftabel 4,008 dengan kriteria uji Fhitung> Ftabel, dan nilai sig sebesar 0,114, artinya HO ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral agama anak usia dini di TK Islam Harapan Indah Pontianak. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0,338 dan nilai R square (R2) sebesar (11,4%) artinya pola asuh orang tua memiliki pengaruh terhadap perkembangan moral agama anak usia dini. Namun, berada pada kategori sangat lemah.

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 7). Diambil dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. Diambil dari repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(2), 200–212.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumrind, D. (1991). Baumrind 1991.Pdf. Sage Journals. Diambil dari https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0272431691111004

Dewi, S. M. (2017). Proses Pembiasaan Dan Peran Orang Terdekat Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 92.

Dini, A. U. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini, 8, 98–108.

Firdaus,Isnaini Kumala, dan E. K. (2019). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Online Resilience. Jurnal Psikologi, 6(1), 20–38.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidhoh, N. B. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Moral Anak.

Tesis. UIN Sunan Ampel.

Hamzah, N. (2022). Habitus Muslim Melayu Perkotaan diPontianak. Disertasi.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hurlock, E. B. (1972). Child Development McGraw-Hill series in psychology (Fifth Edition). McGraw-Hill Book Company, 1–495.

Jeti, L. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal se Kecamatan Murhum Kota Baubau,Provinsi Sulawesi Tenggara. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494

Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir (Cet. 1). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bali: NILACAKRA, 1–92. Diambil dari http://eprints.radenfatah.ac.id/1554/5/BAB II agra.pdf

Suratman, B., & Rahnang, R. (2021). Kindergarten Early Childhood Learning Practices in Education Institutions Kindergarten. ALBANNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.283

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Wildan, M., & Qibtiyah, A. (2020). Parenting style and the level of Islamism among senior high school students in Yogyakarta. Journal of Indonesian Islam, 14(1), 187–209. https://doi.org/10.15642/JIIS.2020.14.1.187-209

Wiyani Ardy, N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (1 ed.).

Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Zimamatul, B. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak di Raudhatul Athfal Al-Ittihad Slawu Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. IAIN Jember.

Published
2023-06-30
How to Cite
Alpiana, W. C., Hamzah, N., & Septianawati, D. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HARAPAN INDAH PONTIANAK. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i1.2136