PELAKSANAAN ASSESSMENT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “AUTISME” DI POLI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ALIANYANG PONTIANAK

  • Syarifah Jazirah Aulia Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
  • Bayu Prisuna Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Asesmen, Autisme

Abstract

Anak autis adalah diantara sekian banyak anak berkebutuhan khusus. Mereka juga menjadi bagian yang harus mendapatkan layanan pendidikan. Agar layanan pendidikan yang diberikan tepat, maka satu tindakan yang harus dilakukan sebelumnya oleh sekolah dalam hal ini guru adalah melakukan assasmen. Informasi dari assasmen yang akurat, menjadi dasar perlakuan oleh guru dalam kegiatan belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen pada anak berkebutuhan khusus autisme. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus autisme di Poli Anak Berkebutuhan Khusus, Alianyang, Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang telah didapatkan pada penelitian ini, pelaksanaan asesmen yang dilakukan di Poli Anak Berkebutuhan Khusus, Alianyang, Pontianak, telah memiliki pedoman dan formula asesmen berupa penilaian dari segi intelektual, sosial, dan komunikasi.

Autistic children are among the many children with special needs. They are also part of the group that must receive educational services. In order for the educational services provided to be appropriate, one action that must be taken beforehand by the school, in this case the teacher, is to carry out an assessment. Information from accurate assessments becomes the basis for treatment by teachers in their learning activities. The aim of this research is to find out how assessments are carried out for children with special needs for autism. The subjects in this research were children with special needs autism at the Special Needs Children's Polyclinic, Alianyang, Pontianak. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study type. The data collection techniques use observation, interviews and documentation techniques. Based on the data obtained in this research, the assessment carried out at the Special Needs Children's Polyclinic, Alianyang, Pontianak, has assessment guidelines and formulas in the form of assessments from an intellectual, social and communication perspective.

References

Adiela, O. N. P., & Achinewhu, C. (2021). Safeguarding the Future and Right to Education of Children with Disabilities in Nigeria. Bulgarian Comparative Education Society, 19, 231–237.

Alpian, Yayan; Anggraeni, Sri Wulan; Wiharti, Unika; Soleha, N. Maratos. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137

Biran, M. I. N. (2018). Pendidikan Anak Autis. In Goresan Pena Kuningan.

Darmono, A. (2013). Peran Orang Tua dalam Penerapan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Peran Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan Agama Dan Moral, 03(01), 63–86.

Dewi, D. P. (2018). Asesmen Sebagai Upaya Tindak Lanjut Kegiatan Identifikasi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Wahana, 70(1), 17–24. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1563

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Hamzah, S. I., Djuko, R. U., & Juniarti, Y. (2020). Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 109–123. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.120

Hartati, N. D., Fajrie, N., & Hilyana, S. (2021). Pola Pembelajaran Daring Anak Autis Selama Pandemi Corona. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 35–39. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2035

Hidayah, Y., Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 41–63. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.23

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Ike Malaya Sinta. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Kasari, C., Shire, S., Shih, W., & Almirall, D. (2021). Getting SMART About Social Skills Interventions for Students With ASD in Inclusive Classrooms. Exceptional Children, 88(1), 26–44. https://doi.org/10.1177/00144029211007148

Lawal-Adebowale, O. A., & Oyekunle, O. (2021). Appraisal of Agro-Students’ Exploitation of Digital Education Apps for Academic Tasks Performance in Federal University of Agriculture Abeokuta, Nigeria. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 17(3), 121–140.

Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Nugroho, W., & Minsih. (2021). Melalui Program Identifikasi Dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 111–117.

Nuralita Fajri, D., Yuliati, N., & Putu Indah Budyawati, L. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Riccio, S. (2022). Feeding Problems: Autism Spectrum Disorder. BU Journal of Graduate Studies in Education, 14(1), 23–26.

Rimalia Dwi Krisnawati, R. (2022). Strategi Pembelajaran Siswa Autis Pada Masa Pandemi Di Slb Dharma Bakti Patianrowo. Jurnal Khazanah Intelektual, 6(1), 1313–1334. https://doi.org/10.37250/newkiki.v6i1.145

Roshinah, F. (2016). Pelaksanaan Asesmen Untuk Layanan Pendididkan Anak Autis. Widia Ortodidaktika, 5, 1156–1168.

Schuck, R. K., Simpson, L. A., & Golloher, A. N. (2022). How Is Parental Educational Involvement Related to School Satisfaction for Parents of Young Autistic Children? School Community Journal, 32(1), 201–223.

Sugiarmin, M. (n.d.). Individu Dengan Gangguan Autisme.

Suharsiwi, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Sosial Anak Autis Di Tk B. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.1

Suteja, J., & Wulandari, R. (2013). Bentuk dan Model Terapi Terhadap Anak-Anak Penyandang Autisme (Keterbelakangan Mental). Scientiae Educatia, 2(April), 113–124.

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78

TANU, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960

Ulfa, M. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i2.2064

Utama SabdaRiang. (2016). Assesmen Anak Autis Di Sekolah Khusus TarunaAl-Qur’an Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Widia Ortodidaktika, 5, 1244–1251.

Veryawan, A. S. I. L., Sri Inda Lestari, Indah, & Veryawan. (2023). Perilaku Anak Autis: Perkembangan Dan Penangan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 150–155. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1980

Yona, S. (2014). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76–80. https://doi.org/10.7454/jki.v10i2.177

Published
2023-12-30
How to Cite
Aulia, S. J., & Prisuna, B. (2023). PELAKSANAAN ASSESSMENT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “AUTISME” DI POLI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ALIANYANG PONTIANAK. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 59-69. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.2642