Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Membaca QS. Al-Falaq melalui Strategi Reading Aloud Kelas IV SDN Pulo 07 Pagi Jakarta Selatan

  • Rachman Rachman Sekolah Dasar Negeri Pulo 07 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Keywords: Increasing Activity, Surah Al-Falaq, Reading Load

Abstract

This study aims to determine the increase in the activity of the QS learning process. Al-Falaq is a class IV student at SDN Pulo 07 Pagi South Jakarta using the Reading Aloud learning strategy. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were class IV at SDN Pulo 07 Pagi South Jakarta for the 2022/2023 academic year with a total of 28 students. This research was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of four main actions, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. Before this research was conducted, the percentage of students’ learning activities in reading QS. Al-Falaq Prasiklus highest 30%. After the action was taken, the results of the study showed that in cycle 1 the percentage reached 70%, increasing in cycle 2 to 95%. Based on these results, it can be concluded that the Reading Aloud strategy in reading QS. Al-Falaq in class IV SDN Pulo 07 Pagi can increase student learning activities. So, Reading Aloud learning strategies can increase learning activities in reading QS. Al-Falaq in class IV SDN Pulo 07 Pagi, South Jakarta.

 

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas proses belajar QS. Al-Falaq peserta didik kelas IV SDN Pulo 07 Pagi Jakarta Selatan dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Pulo 07 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 28 siswa/i. Penelitan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum penelitian ini dilakukan, persentase aktivitas belajar peserta didik dalam membaca QS. Al-Falaq Prasiklus tertinggi 30%. Setelah dilakukan tindakan, hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 persentasenya mencapai 70% meningkat pada siklus 2 menjadi 95%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan,bahwa strategi Reading Aloud dalam membaca QS. Al-Falaq dikelas IV SDN Pulo 07 Pagi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Jadi, strategi pembelajaran Reading Aloud dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam membaca QS. Al-Falaq di kelas IV SDN Pulo 07 Pagi Jakarta Selatan.

Kata Kunci: aktivitas belajar, surah al-Falaq, reading aloud

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

M. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005), Cet Ke-17

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2009)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014), Cet. Ke-19

Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014), Cet. Ke-11

Pengertian Aktivitas Belajar, diakses pada tanggal 25 November 2015 (dari http://cahyarbsd.blogspot.co.id/2012/08/pengertian-aktivitas-belajar.html)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005), cet. Ke-4

Pengertian Aktivitas Belajar, diakses pada tanggal 25 November 2015 (dari http://cahyarbsd.blogspot.co.id/2012/08/pengertian-aktivitas-belajar.html)

Sofan Amri dan Iif Khoirun Ahmadi, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2010), cet. Ke-1

Muhammad Ridha, Adab Membaca Al-Qur‟an Suci, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1995)

Abdullah Asy’ari, Pelajaran Tajwid untuk Madrasah Tsanawiyah, (Surabaya: Apollo)

Abdul Majid Khan, Praktikum Qira‟at Keanehan Al-Qur‟an Qira‟at Ashim dari Hafash, (Jakarta: Sinar grafik)

Prof. Suharsimi arikunto 2009, Penelitian tindakan kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suyadi, 2005, Panduan penelitian tindakan kelas, Jogjakarta: Diva press

Published
2023-01-18
How to Cite
Rachman, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Membaca QS. Al-Falaq melalui Strategi Reading Aloud Kelas IV SDN Pulo 07 Pagi Jakarta Selatan. Arfannur, 3(3), 177 - 192. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i3.1027
Section
Articles