Kiai dan Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Digitalisasi

  • Hasmiza Hasmiza SMP Nurul Jannah Natuna
  • Ali Muhtarom Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
Keywords: Islamic Boarding School, Curriculum Development, Digitalization Era

Abstract

Abstrak:

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menguraikan peran dan tantangan kiai dalam pengembangan kurikulum di era digitalisasi. Menggunakan pendekatan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pesantren telah silmultan dengan perkembangan zaman. Peran kiai dalam pengembangan kurikulum sangat penting terutama dalam mendorong tim untuk bersama-sama merumuskan kurikulum yang integratif. Menghadapi era digitalisasi, kiai memiliki tantangan tersendiri yang harus disikapi dengan tepat. Diantara tantangan yang dihadapi kiai adalah menentukan kebijakan terhadap santri dalam penggunaan media digitalisasi. Hal ini dikarenakan pembelajaran masa kini banyak melibatkan perangkat digital yang akrab dengan internet. Selain itu banyak akses informasi yang lebih cepat didapatkan melalui literasi digital. Keadaan ini menjadi perhatian khusus bagi kiai agar mampu merevisi kurikulum yang ada agar eksistensi pesantren pada era digital masih menjadi kontrol sosial dan mampu melahirkan santri-santri yang cerdas dan berkualitas. Dengan demikian dari pesantren akan lahir kader religius yang berkualitas dan mampu bersaing ditengah perkembangan zaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.

Arifin, Z. (2021). Prodi Hukum Keluarga Islam Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso. ASA : Jurnal Pengembangan Hukum Keluarga Islam, 2, 41–64. https://ejournal.stisabuzairi.ac.id/index.php/asa/article/view/30

Asnawan, & Sulaiman. (2020). Peran Kepemimpinan Kiai di Pendidikan Pesantren dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Falasifa, 11, 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i1.275

Badi’ah, S., Salim, L., & Syahputra, M. C. (2021). Pesantren dan Perubahan Sosial pada Era Digital. Analisis Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 183–202.

Baidhawi. (2019). Peran Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pondok Pesantren di Era Globalisasi. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan Uniska MAB, 9–25. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/download/4727/2882

Budiyono, A. (2021). Konsep Kurikulum Terintegrasi (Analisis Kurikulum Formal dengan Pesantren). Ilmuna, 3(1), 66–84. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/download/253/170/764

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Faizin, I. (2019). Lembaga Pendidikan Pesantren dan Tantangan Global. 3(2), 893–910. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/171

Fauzi, I. (2019). Dilalektika Elite Pesantren dalam Pengembangan Kurikulum Lokal Madrasah di Pesantren Nurul Islam 1 dan Al-Qodiri 1 Jember. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 73–100. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.

Gazali, E. (2018). Pesantren di Antara Generasi Alfa dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2).

Halid, A. (2019). Kurikulum Pendidikan Pesantren : Mengurai Pembentukan Karakter Nasionalisme Santri. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 111–124. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2605

Idrus, S. A. J. al. (2016). MENGHADAPI ERA GLOBALISASI kuntitatif memiliki. Jurnal Tatsqif, 14(2), 238–257.

Kamal, F., & Mukromin. (2019). Modernisme Pondok Pesantren sebagai Institusi Pendidikan Islam Non Dikotomik. Jurnal Paramurobbi, 2(2), 10–20. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/download/1299/759

Khoiriyah, I. K., Roziqin, M. M., & Ulfa, W. K. (2020). Pengembangan Kurikulum Pesantren … Komponen , Aspek dan Pendekatan Iin Khozainul Khoiriyah Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya Muchammad Miftachur Roziqin Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya Widya Kurnia Ulfa Mahasiswa Prodi PAI. Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam, III(1), 25–46. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/download/74/59/

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337

Ma’arif, M. A. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter : Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto Muhammad Anas Ma ` arif , Muhammad Husnur Rofiq Abstrak Pendahuluan Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga. Tadris, 13(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Mashur. (2017). Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pendidikan Berbasis Karakter di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Jombang. Al Idaroh, 1(1), 87–117. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/download/9/5/18

Maunah, B. (2009). Tradisi Intelektual Santri dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan. Teras.

Muhtifah, L. (2012). Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren. IIP, 17(2).

Musta’an, & Sari, M. D. R. (2021). Kepemimpinan Kyai dan Perubahan Konsep Pondok Pesantren Pada Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1652

Nasir, R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal : Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Pustaka Pelajar.

Pewangi, M. (2017). Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Tarbawi, 1(1), 1–11.

Qurtubi, M., & Hudi, S. (2020). Peran Kiai dalam Pengembangan Kurikulum Lokal di Pesantren Nurul Islam 1 Jember. 6(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.690

Rahmawati, S. (2020). Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren. Al- Mau’izhoh, 2(1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/118379-ID-eksistensi-kurikulum-pesantren-dan-kebij.pdf

Rifai, A. (2018). Strategi kepala sekolah dalam implementasi pendidikan nilai di sekolah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jpai.1.1.1-10

Saifuddin, A. (2015). Eksistensi Kurikulum Pesantren dan Kebijakan Pendidikan. Pendidikan Agama Islam, 3(1), 207–234. https://media.neliti.com/media/publications/118379-ID-eksistensi-kurikulum-pesantren-dan-kebij.pdf

Sidiq, M. (2020). Pergeseran Pola Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Lembaga Pesantren. Falasifa, 11(1), 144–156. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 469–489. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/19

Syafe’i, I. (2017). Model Kurikulum Pesantren Salafiyah dalam Perspektif Multikultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(II), 127–143. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2121

Tamin, Z. (2018). Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren ; Satu Analisis Filosofis. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–21. https://media.neliti.com/media/publications/349054-dinamika-perkembangan-kurikulum-pendidik-eec6abff.pdf

Ulum, M., & Mun`im, A. (2019). Digitalisasi Pendidikan Pesantren ( Paradigma dan Tantangan Dalam Menjaga Kultur Pesantren ). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 664–670. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/279

Published
2023-01-18
How to Cite
Hasmiza, H., & Muhtarom, A. (2023). Kiai dan Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Digitalisasi. Arfannur, 3(3), 137 - 150. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i3.1049
Section
Articles