Peran Akademik Haji Muhammad Yunus Mohan dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Kalimantan Barat

  • Dini Arini IAIN Pontianak
  • Erwin Mahrus IAIN Pontianak, Pontianak, Indonesia
  • Edy Suasono Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Rahayu Apridayanti Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: a figure study, a academic roles, a development of Islamic studies

Abstract

The role of Islamic religious leaders is so great in carrying out their functions in society, therefore every activity carried out by religious leaders, especially in the field of Islamic Education, should be able to provide instructions and guidelines for the life of the surrounding community. Therefore, one of the religious figures who is famous for understanding religious science named Haji Muhammad Yunus Mohan, became a place to ask questions and learn religious knowledge for the coastal communities of the West Kalimantan. This research uses historical research consisting of several research steps is determining the theme of research, collecting sources (Heuristics), source criticism, interpretation, and writing history. The result of this research is Haji Muhammad Yunus Mohan is known as one of the well-known scholars in West Kalimantan, especially in Tambelan Sampit Village. Besides being known as the founder of the Haruniyah educational institution, he also has two phenomenal works, namely a papers and a zikir assembly. His academic role is to make Islamic religious subjects that must be studied by students in Haruniyah, make the Talaqqi Syafahi method one of the methods he uses to teaching, and develop Zikir Rahmaniyah into one of the curricula in Haruniyah itself.

 

ABSTRAK
Peran tokoh agama Islam begitu besar dalam menjalankan fungsinya di masyarakat, oleh karena itu setiap kegiatan yang dilakukan oleh tokoh agama khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam harus mampu memberikan petunjuk dan pedoman bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, salah satu tokoh agama yang terkenal paham ilmu agama bernama Haji Muhammad Yunus Mohan, menjadi tempat bertanya dan belajar ilmu agama bagi masyarakat pesisir Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa langkah penelitian yaitu penentuan tema penelitian, pengumpulan sumber (Heuristik), kritik sumber, interpretasi, dan penulisan sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah Haji Muhammad Yunus Mohan dikenal sebagai salah satu ulama terkenal di Kalimantan Barat khususnya di Desa Tambelan Sampit. Selain dikenal sebagai pendiri lembaga pendidikan Haruniyah, ia juga memiliki dua karya fenomenal, yakni makalah dan majelis zikir. Peran akademiknya adalah menjadikan mata pelajaran agama Islam yang wajib dipelajari oleh mahasiswa di Haruniyah, menjadikan metode Talaqqi Syafahi sebagai salah satu metode pengajaran yang ia gunakan, dan mengembangkan Zikir Rahmaniyah menjadi salah satu kurikulum di Haruniyah itu sendiri.

Kata Kunci: studi tokoh, peran akademik, dan pengembangan pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Rukajat, A., & Wahyudin, U. R. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an Tpq Darussalam. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1).

Ajisman. (2016). Perkembangan Lembaga Agama Islam Di Kotamadya Pontianak Pada Akhir Abad Ke 20. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 2(1).

Aydrus, N. Al, Lasawali, A. A., Islam, F. A., & Palu, U. M. (2022). Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia Muhammadiyah ’ s Role in the Development of Islamic Education in Indonesia. IQRA: Jurnal Ilmu Kendidikan dan Keislaman, 17, 17–25.

Bibi Suprianto. (2021). Sejarah Kesultanan Pontianak dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Tahun 1771-1808 M. Ngaji : Jurnal Pendidikan Islam, 1. http://www.ngaji.or.id/index.php/ngaji/article/view/1

Chaniago, A. Y. S. (2002). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Ely Nurhidayati, & Iin Arianti. (2021). PERKEMBANGAN KOTA BERBASIS PERAIRAN DI PONTIANAK. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 11.

Furchan, A., & Maimun, A. (2005). Studi Tokoh : Metode Penelitian Mengenai Tokoh (Cet. I). PUSTAKA PELAJAR.

Harahap, S. (2014). Metodologi Studi Tokoh & Penulisan Biografi (Cet. II). PRENADA.

Hermansyah. (2009). Islam dari Pesisir sampai ke Pedalaman Kalimantan Barat. STAIN Pontianak Press.

Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2019). Syekh Nawawi Al-Bantani dan Pemikirannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 17(2). https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i2.3209

Iqbaltullah, I., Sofyan, M., & Kurnia Az-Zahra, S. (2021). Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.262

Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Peran Madrasah Diniyah An Nur dalam Pengembangan Pendidikan Islam melalui Tradisi Keagamaan. 2(1).

Ma’arif, M. A., & Nabila, N. S. (2020). The Contribution Of Kiai Munawwar Adnan Kholil Gresik On Islamic Education. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1126

Ma’rifataini, L. D. (2018). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA) 11 BANDUNG. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.464

Muslim, A. (2017). Peran Perempuan dalam Merawat Eksistensi Mangngaji Tudang Sebagai Bagian Integral Pengembangan Pendidikan Islam di Desa Bonde Polewali Mandar (Studi Biografi Annangguru Hudaedah). Educandum, 3(1).

Nasih, A. M., & Kholidah, L. N. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (A. S. Mifka, Ed.). PT Refika Aditama .

Saihu. (2020). Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’Lim Muta’Alim. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1).

Sania, S., & Kosasih, A. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran. An-Nuha, 2(1). https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.125

Shamsul, M. N., Kato, I., & Hanufi, S. La. (2021). Efektivitas Metode Talaqqi Pada Halaqah Tarbiyah Di Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara Dan Analisis Metode Talaqqi Dalam Kitab ‘Uddatu At Talabi Binajmi Manhaj At Talaqqi Wa Al Adab. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1). https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.1018

Wendi Parwanto. (2022). Muhammad Basiuni Imran: Tokoh Legendaris Islam, Sambas, Kalimantan Barat Abad 20 M. Jurnal Al-Fanar, 5(1). https://doi.org/10.33511/alfanar.v5n1.57-70

Published
2023-07-05
How to Cite
Arini, D., Mahrus, E., Suasono, E., & Apridayanti, R. (2023). Peran Akademik Haji Muhammad Yunus Mohan dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Kalimantan Barat. Arfannur, 4(1), 55-66. https://doi.org/10.24260/arfannur.v4i1.1250
Section
Articles