Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Jual Beli di Kelas VI MIN 2 Melawi melalui Metode Cooperative Make a Macth

  • Umiyati Umiyati MIN 2 Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi Kalimanatan Barat
Keywords: improve achievement, student learning

Abstract

In Learning Through the Make A Match Cooperative Method at Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Melawi, there are still many below the KKM (KKM 7.5) especially in solving questions. Therefore, an effort is needed to improve the learning achievement of class VI students, namely through the Cooperative Make A Match method. The research subjects were students of class VI MIN 2 Melawi in the 2018/2019 school year, totaling 20 students, a Fiqh teacher, the results of teacher observations, and student observations. This study aims to improve student learning achievement to solve problems on buying and selling materials. This research is a Classroom Action Research (CAR) which is carried out in three (3) cycles. Each cycle includes four (4) stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. In this study, it can be said to be successful if at least 85% of students gets a score > 75. The results show: 1) Students› learning completeness in the first cycle with an average value of 75 and the second cycle with an average value of 78 and the third cycle amounted to an average value of 81.75. 2) Student activity in the first cycle is 75% and the second cycle is 90% and the third cycle is 100%. From the data above, it is clear that in the first cycle the student learning outcomes have not met expectations, which mean the indicators have not been achieved in the second cycle nor have they have reached expectations, while in the third cycle they have met expectations, meaning that the indicators of success have been achieved.

 

ABSTRAK
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Melawi masih perlu dilakukan perbaikan dalam penggunaan meode dan kreativitas belajarnya, hal ini ditandai dengan hasil belajar siswa di bawah KKM (KKM 7,5) terutama dalam menyelesaikan soal-soal ulangan. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI yaitu melalui metode Cooperative Make A Macth. Subyek Penelitian adalah siswa kelas VI MIN 2 Melawi tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa, seorang guru Fikih, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa untuk menyelesaikan soal-soal pada materi Jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa untuk menyelesaikan soal-soal pada materi Jual-beli Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam tiga (3) siklus. Tiap siklus meliputi empat (4) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini bisa dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai > 75. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75 dan siklus ke II dengan rata-rata nilai 78 dan siklus ke III sebesar dengan rata-rata nilai 81,75. 2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II 90% dan siklus ke III sebesar 100%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa belum sesuai harapan yang berarti indicator belum tercapai pada siklus II juga belum mencapai harapan sedangkan pada siklus ke III sudah sesuai harapan berarti indicator keberhasilan sudah tercapai

Kata Kunci: meningkatkan prestasi, belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. H., & Desyandri, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Make a Macth. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal ….

Hernawan, A. H. (2018). Hakikat Strategi Pembelajaran. Pdgk4105/Modul 1.

Kd, N., Mariani, E., Wiarta, I. W., & Suara, I. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 11 Padangsambian. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 90(2).

Khairani, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Menggunakan Media Kartu Dan Kaitannya Dengan Peningkakan Kemampuan Struktur Kalimat Passive Voice Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI-IA4 SMAN 11 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 3(3). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v3i3.3460

Kustiawan, M. T., & Jibu, S. A. (2021). REINVENSI SYARIAH DALAM PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER AL-QUR’AN. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 2(2). https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v2i2.2597

Mustapid, M. (2020). Aplikasi Teori Belajar Kurt Lewin Pada Desain Pembelajaran Fikih. Ittihad, 4.

Mustatho’, M. (2017). Kurikulum Fikih dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia: Upaya Membangun Peradaban Islam berbasis NKRI. Mazahib, 15(2). https://doi.org/10.21093/mj.v15i2.622

Mutma’inah, S. (2017). Pendekatan Integratif: Tinjauan Paradigmatif dan Implemantatif dala Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 5(2).

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, vol 1(2015).

Yadain, Z. (2017). Pendekatan Discovery Inquiry Pada Pembelajaran Fikih. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 9(1).

Published
2022-05-18
How to Cite
Umiyati, U. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Jual Beli di Kelas VI MIN 2 Melawi melalui Metode Cooperative Make a Macth. Arfannur, 2(3), 201-218. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i2.447
Section
Articles