Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Kalimat Toyyibah dan Asmaul Husna Melalui Penerapan Strategi Index Card Match
Abstract
This paper is based on the importance of measuring affective aspects in each lesson. In the Aqidah Morals subject, the assessment prioritizes attitude and behavior compared to cognitive abilities. This paper raises the issue of efforts to improve learning outcomes of affective aspects of Aqidah Akhlak subjects in Toyibah and Asmaul Husna sentences using the Index Card Match strategy. The Index Card Match strategy allows learning to be more active and fun and encourages students to learn more constructively. Based on the results of classroom action research, it can be concluded that student learning outcomes in the Aqidah Ahlak subject matter of toyyibah and asmaul husna sentences after the Index CardMatch strategy was applied in class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singkawang increased, in cycle 1 there was an increase in results, namely 21 students or 91% with good grades and 2 students or 9% with sufficient grades, the average grade is 69.8 with good qualifications. In the second cycle, the use of the Index Card match strategy can improve student learning outcomes in Aqidah Akhlak subjects, especially the toyyibah and Asmaul Husna sentences (Al-Muhyi, Al-Mumit, and Al-Baqi’), there are 12 students or 52, 2% with good grades and 11 students or 47.8% with very good grades, the average grade of 78.3 with good qualifications.
ABSTRAK
Tulisan ini didasarkan pada pentingnya pengukuran aspek afektif pada setiap pembelajaran. Pada mata pelajaran Aqidah Akhlak penilaian lebih mengutamakan siakp dan perilaku dibanndingkan dengan kemampuan kognitifnya. Tulisan ini mengangkat masalah upaya meningkatkan hasil belajar aspek afeketif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Kalimat Toyibah dan Asmaul Husna dengan menggunakan startegi Index Card Match Strategi Index Card Match memungkinkan pembelajaran lebih aktif dan menyenagkan serta mendorong siswa belajar lebih konstruktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak materi kalimat toyyibah dan asmaul husna setelah diterapkan strategi Index CardMatch di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Singkawang meningkat, pada siklus 1 sudah ada peningkatan hasil yaitu 21 orang siswa atau 91% dengan nilai baik dan 2 orang siswa atau 9% dengan nilai cukup, nilai rata-tata kelas 69,8 dengan kualifikasi baik.
Pada siklus ke dua, penggunaan strategi Index Card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak khususnya materi kalimat toyyibah dan Asmaul Husna (Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Baqi’), terdapat 12 orang siswa atau 52,2% dengan nilai baik dan 11 orang siswa atau 47,8% dengan nilai sangat baik, nilai rata-rata kelas 78,3 dengan kualifikasi baik.
Kata Kunci: Meningkatkan hasil belajar, aqidah akhlak index card match
Downloads
References
Agus Suprijono. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahrul Razi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak : STAIN Pres
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Kemenag. 2008. Lampiran Permenag RI No. 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Jakarta
Masnur Muslich. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Melvin L. Silberman. 2009. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang, Dilindungi Kusumawati, Heny(Undang-undang et al., n.d.)Undang-undang, D., Kusumawati, H., Susilawati, F., Subekti, A., Maftuh, B., Cahyani, I., & Yetti, E. (n.d.). Buku Siswa Kelas V SD / MI.
Susilawati, Fransiska(Undang-undang et al., n.d.)Undang-undang, D., Kusumawati, H., Susilawati, F., Subekti, A., Maftuh, B., Cahyani, I., & Yetti, E. (n.d.). Buku Siswa Kelas V SD / MI.
Subekti, Ari(Undang-undang et al., n.d.)Undang-undang, D., Kusumawati, H., Susilawati, F., Subekti, A., Maftuh, B., Cahyani, I., & Yetti, E. (n.d.). Buku Siswa Kelas V SD / MI.
Maftuh, Bunyamin(Undang-undang et al., n.d.)Undang-undang, D., Kusumawati, H., Susilawati, F., Subekti, A., Maftuh, B., Cahyani, I., & Yetti, E. (n.d.). Buku Siswa Kelas V SD / MI.
Cahyani, Isah(Undang-undang et al., n.d.)Undang-undang, D., Kusumawati, H., Susilawati, F., Subekti, A., Maftuh, B., Cahyani, I., & Yetti, E. (n.d.). Buku Siswa Kelas V SD / MI.
Yetti, Elindra(Undang-undang et al., n.d.) Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta BSNP. 2007. S
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Mata Pelajaran Agama Islam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Bobbi De Porter dan Mike Hernacki. 2007.
Quantum Learning. Bandung: Kaifa Eric Jensen. 2002.
Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa Dali Gulo. 1982.
Kamus Psikologi. Bandung: Tonis Douglas J. Herman. 1996. Daya Ingat Super. Jakarta: Pustaka Delaprasata Departemen Pendidikan Nasional. 2000.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Djamarah dan Zaini. 2006.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta Gordon Dryden dan Jeannete. 1999.
The Learning Revolution, edisi 2. Bandung: Kaifa Haffi dan Rusyadi. 1994. Kamus Arab, Inggris, Indonesia. Jakarta: Rieneka Cipta Handayani.
Stategi Belajar Aktif dengan ICM. (http://pelawiselatan. blogspot.com/2009/04/stategi-belajar-aktif.html). Diakses tanggal 17 Juni 2012 Hasnah Faizah. 2009.
Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru : Cendikia Insani Hisyam Zaini, dkk. 2004.
Metode Pembelajaran Aktif (Center of Teaching Staff Develompent). Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2011.
Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Center for Teaching Staff Development (CTSD) Helmiati,dkk. 2011.
Penulisan Skripsi Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru, Zanafa Publishing John W. Santrock. 1995.
Perkembangan masa hidup jilid 2. Jakarta: Erlangga Khoirotul Idawati Mahmud dan Hanifuddin Mahadun. 2009. aL-Asma aL-Husna; Menghafal Nama, Arti dan Nomor Urut. Jombag: CV. Percetakan Fajar, Cet. Ke-11 Kunandar. 2011.
Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers Kurikulum 2004.
Kompetensi Standar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Kurniawati, Euis, 2009.
Nasrun. Gampang Ingat Di Usia Senja. (Novartis. Com), di akses pada tanggal 25 Juni 2012 Rita L. Atkinson, dkk. 2000. Introdoction To Psychology, terjemahan. Surabaya: Interaksi Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qathani. 2005.
Syarah Asma’ wa Shifat Allah ‘Azza wa Jalla (Syarah Asmaul Husna; Dalam bahasa Indonesia). Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I Sanjaya, Wina. 2008.
Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Silberman, Mel. Active Learning. 2009.
Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani Soedarsono, F.X. 1996/1997. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Rencana, Desain, dan Implementasi.
Yogyakarta: IKIP Yogyakarta Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi Suharsimi Arikunto. 2010.
Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: IKIP Tina Afian. 2005.
Belajar Pengalaman Untuk Memori. Jurnal Anima, Vol 17 Zaini, Hisyam, dkk. 2008.
Copyright (c) 2022 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.