IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Pada BJB Syariah Cabang Cirebon)

Implementasi CSR

Penulis

  • Sharyan Hamiid IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Amir Amir IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Syaeful Bakhri IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2542

Kata Kunci:

CSR, Company Image, BJB Syariah Cirebon Branch.

Abstrak

  • Abstrak Pelaksanaan Corporate Social Responsibility dalam suatu perusahaan dapat meningkakan citra yang baik dan kuat yang diperlukan perusahaan untuk keuntungan bisnis dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi CSR dalam meningkatkan citra pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk melihat program CSR, sedangkan alat ukur Implementasi CSR Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan menggunakan analisis SWOT yang dapat menganalisis rencana strategis untuk penerapan CSR. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Bank BJB Syariah Cabang Cirebon mampu memberikan manfaat besar sehingga dapat meningkatkan citra yang baik bagi perusahaan. Terlihat dari terpenuhinya indikator pembentuk citra perusahaan berupa perencanaan, ketersediaan, pelaksanaan. Kata Kunci: CSR, Citra Perusahaan, BJB Syariah Cabang Cirebon.

Referensi

Abidin, H. (2023). Strategi Pendistribusian Dana CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Persero Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Dalam Upaya Mensejahterahkan Masyarakat Sekitar Bandara Soekarno Hatta. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adriza. (2015). Membangun Citra lembaga perguruan tinggi yang berbasis vokasi.(Teori Kotler & Fox Citra Perusahaan) Yogyakarta : Deepublish, 2015.

Afifulloh, M. (2019). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Respons Masyarakat Sekitar Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17.

Darmawati. (2014). Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Islam. Jurnal Mazahib Ekonomi Islam, No 2 Desember.

Dody Payogo. (2018). Socially Responsible Coporation: Peta Tanggung Jawab Sosial dan Pembangunan Komunitas pada Industri Tambang dan Migas. (Teori Indikator Keberhasilan Corporate Social Responsibility) Jakarta UI-Press h. 65.

Gunawan, W. H. (2023). Wawancara dengan bapak Wawan Hendra Gunawan selaku penanggung jawab CSR Bank BJB Syariah Cabang Cirebon pada tanggal 27 September 2023.

Heriyadi, Y. (2023). Wawancara CSR dengan bapak yadi heriyadi selaku pelaksana program CSR Bank BJB Syariah Cabang Cirebon.

Indira Shinta Dewi, & Dita Nur Khafi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Liabilitas, 3(1), 56–76.

Kantor Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Masjid At-Taqwa Center, 06 Desember 2023. (2023).

Madjid, T. A. P. (2019). Pelaksanaan Prinsip Good Corporate Governance Pada Bank Syariah Melalui Peran Dewan Pengawas Syariah. Syiar Hukum : Jurnal Ilmu Hukum, 16(1), 82–96.

Naufalia, V. (2016). “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.” Jurnal Utilitas, Vol. 2 No.

Purwitasari, F., Chariri, A. (2014). Analisis Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory : 25.

Putra, M. J. A. (2021). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) Pt Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Skripsi, Univeristas Komputer Indonesia.

Report, L. T. A. (2021). Meningkatkan Akselerasi Digital Guna Mendukung Kebutuhan Bisnis yang Berorientasi pada Nasabah. 506.

Rosilawati, Y. (2023). arti penting dari corporate social responsibility/https://fisipol.umy.ac.id/. Diakses pada 18 September 2023 pukul 09.40 WIB https://fisipol.umy.ac.id/arti-penting-dari-corporate-social-responsibility/#:~:text

Rusdianto, U. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di BNI Syariah KC Mikro Parepare. Skripsi IAIN Parepare.

Sari, W. P. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Citra Pada Bank Syariah (Studi Pada BRI Syariah Cabang Kota Bengkulu). Skripsi : UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sopiah, E. M. (2013). Perilaku Konsumen (Teori Citra Perusahaan) CV. Andi Offset, 2013. Yogyakarta: Andi.

Sugiono. (2016). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2013). Hubungan antara Penerapan Program Corporate Social Responsibility. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Tjokrowibowo, L. (2013). “Analisis Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Rangka Membangun Minat Transaksi Ulang (Studi PT. Phillip Securities Indonesia Cabang Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume XII, Hlm 149-156.

Widjaja, G., & Yani, A. (2014). Perseroan Terbatas. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jurnal Universitas Padjadjaran http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/download/23119/11305

Yani, B. (2023). Wawancara dengan bapak Buya Yani selaku DKM Masjid Raya At-Taqwa Cirebon pada tanggal 30 November 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-19

Cara Mengutip

Hamiid, S., Amir, A., & Bakhri, S. (2024). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Pada BJB Syariah Cabang Cirebon): Implementasi CSR. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1), 56–74. https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2542

Terbitan

Bagian

Articles