A Analisis Pengaruh Sektor Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara-Negara Anggota OKI
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3188Kata Kunci:
Pertumbuhan Ekonom, Industri Halal, Organisasi Kerjasama Islam (OKI)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh sektor industri halal terhadap pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang dan jangka pendek di negara-negara anggota OKI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan Vector Error Correction Model (VECM) untuk mengetahui pengaruh dalam jangka panjang dan jangka pendek antar variabel. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder data panel dari tahun 2014 hingga 2023 yang diperoleh dari DinarStandard dan World Bank. Alat bantu pengolahan data menggunakan aplikasi statistik E Views-10.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang Fesyen Halal dan Media Hiburan Islami berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan t-Statistik 8,308 dan 6,372. Makanan Halal, Kosmetik dan Obat-Obatan Halal berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan t-Statistik -4,012 dan -3,829. Lalu, Keuangan Islam dan Pariwisata Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan t-Statistik 0,893 dan -0,910. Kemudian, dalam jangka pendek Keuangan Islam berpengaruh postif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan t-Statistik 3,058. Sedangkan Makanan Halal, Pariwisata Halal, Fesyen Halal, Media dan Hiburan Islami, Kosmetik dan Obat-Obatan Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan t-Statistik 0,506 , 1,865 , 0,256 , -1,319 dan -1,111.
Penelitian ini dalam analisis data menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM) sehingga hasil penelitian yang diperoleh lebih luas yaitu dalam jangka panjang dan jangka pendek. Penelitian ini menggunakan data panel lebih banyak dari beberapa penelitian sebelumnya.
Referensi
Ali, M. (2016). Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. AHKAM?: Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 291–306.
Aris Munandar. (2021). Analisis Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia [Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon].
Bagaskara Bagus Yuddi Putra. (2022). Tantangan di Balik Peluang Industri Makanan dan Minuman Halal di Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/bagaskarabyp/tantangan-di-balik-peluang-industri-makanan-dan-minuman-halal-di-indonesia-1xl8xdeW106/4
BAHRI, S., & EFENDI, A. (2023). ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI INDONESIA. IEB JOURNALIslamic Economics and Business Journal, 5(1), 1–13.
Darmalaksana, W., & Busro. (2021). Kosmetik Halal sebagai Lifestyle untuk Kesehatan: Studi Takhrij dan Syarah Hadis. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(2), 217–230.
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.); Cetakan I). PT Bumi Aksara.
Fathoni, M. A. (2020). Implementasi Industri Halal untuk Membantu Para Pengusaha UMKM di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(3), 29–34.
Hakim, L. (2018). Industri Pariwisata dan Pembangunan Nasional. Among Makarti, 3(5), 70–78.
Hasan, A. S., & Hamdi, B. (2022). Perkembangan dan Tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 4(2), 71–83.
Hasan, A. S., & Hamdi, B. (2024). Perkembangan dan Tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al-Azhar?: Journal of Islamic Economics, 6(1), 14–30.
Hasan, H. A. (2022). Pariwisata Halal: Tantangan Dan Peluang Di Era New Normal. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 55–56.
Husna, M. M. (2023). Analisis Sektor Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara OKI Tahun 2015-2020. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Lya, N. R. ‘Izza. (2023). Analisis Peran Industri Halal Dan Strategi Pengembangannya Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Lampung Di Era Recovery Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Pada Pengusaha UMKM Bakso Di Kabupaten Lampung Timur ). Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Mankiw, N. G. (2006). Principles of Economics Pengantar Ekonomi Makro. 431.
Muh. Arafah. (2019). Sistem Keuangan Islam: Sebuah Telaah Teoritis. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 1(1).
Murdaningsih, D., & Oktaviani, Z. (2022). Negara OKI Defisit Perdagangan Produk Halal Hingga 63 Miliar Dolar AS. Republika. https://ekonomi.republika.co.id/berita/rm7t88368/negara-oki-defisit-perdagangan-produk-halal-hingga-63-miliar-dolar-as
Mutmainah, N., Ahyani, H., & Putra, H. M. (2022). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Pengembangan Kawasan Industri Pariwisata Halal Di Jawa Barat. Al-Mawarid Jurnal Syariah Dan Hukum (JSYH), 4(1), 15–42.
Pujayanti, D. A. (2020). Industri Halal sebagai Paradigma bagi Sustainable Development Goals di Era Revolusi Industri 4.0. Youth & Islamic Economic Journal, 1(01), 20–33.
Rahayu, R. D., & Ningtyas, R. D. (2021). Halal E-Commerce Pada Sektor Fesyen Muslim Sebagai Upaya Mendorong Pengembangan Industri Halal Di Indonesia. Journal of Halal Product and Research, 4(2), 71.
Saputra, D., & Putri, D. Z. (2020). Pengaruh Keuangan Islam Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara Berpenduduk Mayoritas Islam di ASEAN. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 2(2), 13.
Sukarno, K. (2023). Pengaruh Korupsi, Investasi Asing Langsung, Dan Utang Luar Negeri Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Negara-Negara Anggota OKI. Tesis ini tidak diterbitkan, Program Studi Magister Ilmu Ekonomi, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Syahidin. (2024). Pendampingan Produk Lokal Berbasis Usaha Mikro Kecil (Umk) Dalam Mewujudkan Pertumbuhan Industri Halal Di Tulang Bawang Lampung. Tesis tidak diterbitkan, Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Utami, F., Sarifa, S., & Fadilah, S. N. (2021). Peluang dan Tantangan Industri Media dan Hiburan Halal di Indonesia: Kajian Kelembagaan dari Sudut Pandang Produk Hukum di Indonesia. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 1(4), 238–249.
Warto, & Arif, Z. (2020). Bisnis Produk Halal antara Peluang dan Tantangan, Problematika dan Solusinya. Al-Ulum, 20(1), 274–294.