Pengaruh Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber

Penulis

  • Hilda Aenutaqiah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Diana Djuwita Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Aditya Achmad Rakim Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3589

Kata Kunci:

pemanfaatan teknologi, sosial media marketing, minat generasi z

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi dan media sosial terhadap minat generasi Z, serta pengaruh penggunaan teknologi dan media sosial secara simultan atau bersama-sama terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Sumber dari tahun 2017 hingga 2023 dengan total 7.500 nasabah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert untuk pengukuran, dan data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (3,624) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Media sosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z di Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (6,746) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Secara bersama-sama, pemanfaatan teknologi dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z dengan kontribusi sebesar 71,4%, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agianto, R. (2022). a Pengaruh Interpersonal Skill Pada Social Media Marketing

Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo. Journal

Media Public Relations, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.543

Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan,

literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap

minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan

Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856

Danardono, Reza Fitra Tri Rezaldi, Alifah Mitha Ulzanah, & Muhammad Rayhan

Khafiz. (2023). Optimalisasi Lembaga Keuangan Syariah untuk Memajukan

Industri Teknologi bagi Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan

Akuntansi (JIMEA), 1(2), 1–7. https://doi.org/10.62017/jimea.v1i2.207

Dharma Adhinata, F., Putra Rakhmadani, D., Wibowo, M., & Jayadi, A. (2021). A Deep Learning Using DenseNet201. 9(1), 115–121.

Faadilah, I., & Ilham, A. (2024). Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di

Indonesia. Transpor, XX(4), 57–61.

Faqih, F. Al. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat

Menabung Nasabah Pada Tabungan Marhamah Pt Bank Sumut Kcp Syariah

Karya. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 22.

https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506

fauzan Habieb. (2022). Pengaruh citra meerek, promosi meia sosisal dan electronic

word of mouth tehadap keputusan pembelian di bank muamalat inonesia

(Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat di Tangerang Selatan ). In האר ץ

(Issue 8.5.2017).

Fawaid, M. I. (2017). Pengaruh good corporate governance terhadap nilai

perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening: Studi

kasus pada perusahaan yang terdaftar di CGPI tahun 2011-2015. Doctoral

Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Lestari, T. A., Sugianto, & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan

Syariah, Social Media Influence Marketing, dan Layanan Mobile Banking

terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Unversitas

Islam Negeri Sumatera Utara Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia.

Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 129–138.

https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/6143/2878

Liani, D. A., Fikry, M., & J. Hutajulu, M. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan

Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com. Jurnal

Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), April 2020, 34.

https://doi.org/10.24843/jim.2020.v08.i01.p04

Milda Handayani, M. R. R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Pendapatan

dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pembayaran

Digital pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi

Islam, 7(03), 1858–1865. http://jurnal.stieaas.

ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3620

Muhammad Asprizal, Citra Resita, R. A. (2022). ABSTRAK Penelitian ini bertujuan

untuk mengetahui kebenaran pengaruh media musik. JSPEED, 5, 63–78.

Muhammad Rais, Himmatul Khairi, & Faisal Hidayat. (2023). Pengaruh Teknologi

Digital, Religiusitas, Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Generasi Z

Berinvestasi Di Saham Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2),

–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178

Pratiwi, D. N., Dewi, F. P., & Ayuningtyas, V. (2022). Financial Technology

(FINTECH): Generasi Z dan Generasi Milenial. Seminar Inovasi Manajemen

Bisnisdan Akuntansi(SIMBA) 4, 4(September), 1–8.

http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3593

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.

Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1.

https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019).

Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan

Religiusitas. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(1), 77–88.

https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532

Ramdani, D. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital marketing, Brand Image

dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Generasi Z Pada Bank

Syariah. In Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha.

Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada

kepuasan nasabah perbankan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179–190.

https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2478

Suwarsih, N., Gunawan, T., & Istiharini, I. (2021). Pengaruh Media Sosial

Terhadap Citra Merek Dan Niat Beli. Journal of Economic, Bussines and

Accounting (COSTING), 4(2), 712–730.

https://doi.org/10.31539/costing.v4i2.2043

Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era

Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310.

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6408

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING

TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK

PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA under a Creative Commons

Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and

similar papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan

Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198.

Wibowo, S. H., Wahyuddin, S., Permana, A. A., Sembiring, S., & ... (2023). Teknologi

Digital Di Era Modern.

https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=j0m5EAAAQBAJ&oi=fnd

&pg=PA101&dq=%22e+learning%22+kepuasan+pengguna+association+rul

e&ots=XsIzb2H3x7&sig=-

rmBBRLKBBs7lb9XxxnJpCmfojs%0Ahttps://repository.bsi.ac.id/repo/files

/355053/download/Buku---Teknologi-Digit

Yuli Sahara Nst, S. M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing , Dan

Word Of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Menabung Pada Bank Syariah

(Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota). Ekonomi Bisnis Manajemen Dan

Akuntansi (EBMA), 4(1), 88–100.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Aenutaqiah, H., Djuwita, D., & Rakim, A. A. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 187–202. https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3589

Terbitan

Bagian

Articles