Pengaruh Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3589Kata Kunci:
pemanfaatan teknologi, sosial media marketing, minat generasi zAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi dan media sosial terhadap minat generasi Z, serta pengaruh penggunaan teknologi dan media sosial secara simultan atau bersama-sama terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Sumber dari tahun 2017 hingga 2023 dengan total 7.500 nasabah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert untuk pengukuran, dan data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (3,624) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Media sosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z di Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (6,746) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Secara bersama-sama, pemanfaatan teknologi dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z dengan kontribusi sebesar 71,4%, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain.