Pengaruh Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i2.3589Kata Kunci:
pemanfaatan teknologi, sosial media marketing, minat generasi zAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi dan media sosial terhadap minat generasi Z, serta pengaruh penggunaan teknologi dan media sosial secara simultan atau bersama-sama terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Sumber dari tahun 2017 hingga 2023 dengan total 7.500 nasabah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert untuk pengukuran, dan data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (3,624) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Media sosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z di Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (6,746) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Secara bersama-sama, pemanfaatan teknologi dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z dengan kontribusi sebesar 71,4%, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Unduhan
Referensi
Agianto, R. (2022). a Pengaruh Interpersonal Skill Pada Social Media Marketing
Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo. Journal
Media Public Relations, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.543
Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan,
literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap
minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan
Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856
Danardono, Reza Fitra Tri Rezaldi, Alifah Mitha Ulzanah, & Muhammad Rayhan
Khafiz. (2023). Optimalisasi Lembaga Keuangan Syariah untuk Memajukan
Industri Teknologi bagi Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan
Akuntansi (JIMEA), 1(2), 1–7. https://doi.org/10.62017/jimea.v1i2.207
Dharma Adhinata, F., Putra Rakhmadani, D., Wibowo, M., & Jayadi, A. (2021). A Deep Learning Using DenseNet201. 9(1), 115–121.
Faadilah, I., & Ilham, A. (2024). Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di
Indonesia. Transpor, XX(4), 57–61.
Faqih, F. Al. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat
Menabung Nasabah Pada Tabungan Marhamah Pt Bank Sumut Kcp Syariah
Karya. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 22.
https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506
fauzan Habieb. (2022). Pengaruh citra meerek, promosi meia sosisal dan electronic
word of mouth tehadap keputusan pembelian di bank muamalat inonesia
(Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat di Tangerang Selatan ). In האר ץ
(Issue 8.5.2017).
Fawaid, M. I. (2017). Pengaruh good corporate governance terhadap nilai
perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening: Studi
kasus pada perusahaan yang terdaftar di CGPI tahun 2011-2015. Doctoral
Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Lestari, T. A., Sugianto, & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan
Syariah, Social Media Influence Marketing, dan Layanan Mobile Banking
terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Unversitas
Islam Negeri Sumatera Utara Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia.
Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 129–138.
https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/6143/2878
Liani, D. A., Fikry, M., & J. Hutajulu, M. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan
Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com. Jurnal
Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), April 2020, 34.
https://doi.org/10.24843/jim.2020.v08.i01.p04
Milda Handayani, M. R. R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Pendapatan
dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pembayaran
Digital pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi
Islam, 7(03), 1858–1865. http://jurnal.stieaas.
ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3620
Muhammad Asprizal, Citra Resita, R. A. (2022). ABSTRAK Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kebenaran pengaruh media musik. JSPEED, 5, 63–78.
Muhammad Rais, Himmatul Khairi, & Faisal Hidayat. (2023). Pengaruh Teknologi
Digital, Religiusitas, Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Generasi Z
Berinvestasi Di Saham Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2),
–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178
Pratiwi, D. N., Dewi, F. P., & Ayuningtyas, V. (2022). Financial Technology
(FINTECH): Generasi Z dan Generasi Milenial. Seminar Inovasi Manajemen
Bisnisdan Akuntansi(SIMBA) 4, 4(September), 1–8.
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3593
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.
Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1.
https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019).
Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan
Religiusitas. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(1), 77–88.
https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532
Ramdani, D. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital marketing, Brand Image
dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Generasi Z Pada Bank
Syariah. In Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha.
Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada
kepuasan nasabah perbankan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179–190.
https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2478
Suwarsih, N., Gunawan, T., & Istiharini, I. (2021). Pengaruh Media Sosial
Terhadap Citra Merek Dan Niat Beli. Journal of Economic, Bussines and
Accounting (COSTING), 4(2), 712–730.
https://doi.org/10.31539/costing.v4i2.2043
Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era
Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310.
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6408
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING
TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK
PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA under a Creative Commons
Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and
similar papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan
Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198.
Wibowo, S. H., Wahyuddin, S., Permana, A. A., Sembiring, S., & ... (2023). Teknologi
Digital Di Era Modern.
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=j0m5EAAAQBAJ&oi=fnd
&pg=PA101&dq=%22e+learning%22+kepuasan+pengguna+association+rul
e&ots=XsIzb2H3x7&sig=-
rmBBRLKBBs7lb9XxxnJpCmfojs%0Ahttps://repository.bsi.ac.id/repo/files
/355053/download/Buku---Teknologi-Digit
Yuli Sahara Nst, S. M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing , Dan
Word Of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Menabung Pada Bank Syariah
(Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota). Ekonomi Bisnis Manajemen Dan
Akuntansi (EBMA), 4(1), 88–100.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hilda Aenutaqiah, Diana Djuwita, Aditya Achmad Rakim

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


