Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Persepsi Kemudahan Pengguna Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Syariah di Kecamatan Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v4i1.3751Kata Kunci:
Literasi, Kemudahan, Mobile BankingAbstrak
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur pengaruh literasi keuangan syariah dan persepsi kemudahan pengguna terhadap keputusan menggunakan mobile banking syariah.
Desain / metodologi / pendekatan: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner google form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah responden 103 orang. Populasinya adalah masyarakat Kecamatan Majalengka. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Temuan Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah (X1) tidak berpengaruh signifikan sedangkan persepsi kemudahan pengguna (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan mobile banking syariah di Kecamatan Majalengka (Y),. Secara simultan, X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y dengan kontribusi sebesar 79,8%, sisanya 20,2% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.
Kontribusi / Orisinalitas / Kebaruan: Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi kemudahan lebih dominan dibandingkan literasi keuangan, memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan layanan perbankan syariah.
Kata kunci: Literasi, Kemudahan, Mobile Banking
Referensi
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 493–503.
Akbar, M. R. (2023). Perkembangan yang Pesat dan Tantangan yang Dihadapi oleh Perbankan Digital di Indonesia. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 4(2), 95–111.
Amriani, A., Mas’ud, M., & Amang, B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Inklusi Keuangan Digital Pada Generasi Millenial di Kota Makassar. Journal on Education, 5(4), 15637–15651.
Andriyani, P., & Sulistyowati, A. (2021). Analisis pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM kedai/warung makanan di Desa Bahagia Kabupaten Bekasi. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 61–70.
Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Dewi, L. O. A., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi digital dan antisipasi perubahan ekonomi global dalam dunia perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88.
Asri, H. R., Setyarini, E., & Gisijanto, H. A. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan peer to lending. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 01–09.
Aysa, I. R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.
Fauzi, M. C., Hasan, A., & Lutfi, M. (2024). PERAN LITERASI KEUANGAN, PROMOSI, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT GENERASI Z PADA BANK SYARIAH DI KABUPATEN KUDUS. An Nawawi, 4(1), 41–54.
Handayani, S. T. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN BSI MOBILE SEBAGAI ALAT TRANSAKSI MARKETPLACE.
Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri Malang Dalam Menggunakan Layanan Shopeepay: Pendekatan Technology Acceptance Model. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 69–83.
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33.
HIDAYATI, R. N. (2023). ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN BSI MOBILE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA NASABAH MUSLIM DI SOLO RAYA.
Maharani, D., Arifin, R., & Hendrianto, H. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia.
Menne, F. (2023). Inovasi dan Literasi keuangan Syariah bagi Pelaku UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 1111–1122.
Misissaifi, M., & Sriyana, J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Syariah. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 10(1), 109–124.
Nanda, T. S. F., Ayumiati, A., & Wahyu, R. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Syariah: Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(2), 141–152.
Nugroho, I. Y., & Pudjihardjo, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Ketersediaan Fitur dan Literasi Keuangan Terhadap Preferensi Konsumen Menggunakan BSI Mobile. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(2), 135–147.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104.
OJK, (2024). Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Diakses pada 12 September 2024 melalui https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2024.aspx.
Pratiwi, M. S., Mala, I. K., Romadhon, B., & Sutantri, S. (2024). Implementasi JConnect Mobile Dalam Meningkatan Pelayanan Nasabah. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 6(1), 45–60.
Puspitasari, V. E., Yetty, F., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh literasi keuangan syariah, persepsi imbal hasil, dan motivasi terhadap minat investasi di pasar modal syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 122–141.
Putri, D. F., Sari, W. R., & Nabbila, F. L. (2023). Analisis Perlindungan Nasabah Bsi Terhadap Kebocoran Data Dalam Menggunakan Digital Banking. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 173–181.
Tuzuhro, F., & Rozaini, N. (2023). Perkembangan Perbankan Syariah diindonesia. PEKA, 11(2), 78–87.
Widikdo, A. A., & Ramadhan, J. (2023). Pengaruh Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Keamanan dan Privasi Terhadap Niat Pemakaian Aplkasi My Pertamina Dimediasi Sikap. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 182–194.
Yonatan, A. (Juni 2024). Mobile Banking Terpopuler di Indonesia. Diakses pada 12 September 2024 melalui https://data.goodstats.id/statistic/mobile-banking-terpopuler-di-indonesia-2024-MdFQB.
Zahara, R., & Nasution, A. W. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Majalah Iptek Politeknik Negeri Medan Polimedia, 24(1), 39–54.
Zetta, G. T., Nirwana, I., & Sriyanti, E. (2023). Pengaruh Mobile Banking, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Menabung Nasabah di Bank Nagari Kota Solok. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 125–139.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sri Rahayu, Abdul Aziz, Nur Eka Setiowati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.