ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI WAHANA LITERASI KRITIS DAN HUMANISTIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Tanwirotul Futuhiyyah Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 17 Pontianak

Keywords:

Literasi kritis, literasi humanistik, Bahasa Indonesia, masyarakat 5.0

Abstract

Transformasi pendidikan di era masyarakat 5.0 menuntut pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan karakter kritis dan humanistik. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki potensi strategis untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut, namun praktiknya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Azhar 17 Pontianak masih menghadapi berbagai kendala pedagogis dan kurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dioptimalkan sebagai wahana literasi kritis dan humanistik yang relevan dengan tuntutan masyarakat 5.0. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dialogis, penggunaan teks yang kontekstual, serta pemanfaatan teknologi berbasis nilai mampu meningkatkan kesadaran kritis dan empati siswa. Kendati demikian, ditemukan adanya keterbatasan pada kesiapan guru dan keterbatasan kurikulum dalam mengakomodasi dimensi literasi kritis secara eksplisit. Implikasi dari penelitian ini menegaskan perlunya pembaruan kurikulum, pelatihan guru secara berkelanjutan, dan penciptaan ekosistem belajar yang humanis dan partisipatif. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dirancang dengan perspektif literasi kritis dan humanistik dapat menjadi fondasi penting dalam membentuk warga belajar yang reflektif, empatik, dan adaptif di tengah perubahan sosial yang cepat

References

Asnawi, A., Zulaeha, I., Wahyuni, S., & Etfita, F. (2022). Humanist Literacy in Critical Reading Activities as an Alternative Direction for Future Language Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2579–2588. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1514

Behrman, E. H. (2006). Teaching About Language, Power, and Text: A Review of Classroom Practices That Support Critical Literacy. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 49(6), 490–498. https://doi.org/10.1598/jaal.49.6.4

Fitria, M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2022). Strategi Meningkatkan Literasi Digital Pada Masyarakat 5.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya(Protasis), 1, 91–97.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.

Husaeni, A. S., Hidayat, R., & Khadijah, I. (2023). Peran Literasi Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8913–8918. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2697

Janks, H. (2010). Literacy and Power. Routledge.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lewison, M., Flint, A., & Sluys, K. (2002). Taking on Critical Literacy: The Journey of Newcomers and Novices. Language Arts, 79, 382–392. https://doi.org/10.58680/la2002255

Lexy. J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Luke, A. (2012). Critical Literacy: Foundational Notes. Theory Into Practice, 51(1), 4–11. https://doi.org/10.1080/00405841.2012.636324

Moravec, J. (2013). Knowmad Society. Education Futures.

Nenoliu, D., Sritaman, N. L., & Putrayasa, I. (2024). Analisis Linguistik Strukturalisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnalistrendi?: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 9(1 SE-Artikel). https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i1.1963

Ningrum, A. C., & Tazqiyah, I. (2024). Peran Bahasa Dalam Komunikasi Lintas Budaya?: Memahami. 4(2), 1–14.

Noddings, N. (2012). The caring relation in teaching. Oxford Review of Education, 38(6), 771–781. https://doi.org/10.1080/03054985.2012.745047

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Puspitasari, Y. (2019). Analisis Penerapan Linguistik Struktural Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkat Smp/Mts Kelas Vi. Lingua, 15(2), 125–134.

Putri, N. K. H. R. (2024). Implementasi Literasi Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 4(1), 229–238.

Rahmawati, M., Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (2021). The Era of Society 5.0 as the unification of humans and technology: A literature review on materialism and existentialism. Jurnal Sosiologi Dialektika, 16(2 SE-Articles), 151–162. https://doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162

Rochmah Tri Hayuningsih, Munib Amaliah Khasanah, & Fathurrohman Majid. (2025). Inovasi Pendidikan untuk Menghadapi Era Society 5.0 dalam mempersiapkan Generasi Masa Depan. MERDEKA?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3 SE-Articles), 153–158. https://doi.org/10.62017/merdeka.v2i3.3752

Saputri, W. (2017). Nilai Moral dalam Sinrilik Bosi Timurung Karya Salmah Djirong. Jurnal Bastra, 1.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Sholikhah, H., Astuti, M., & Handayani, T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Struktural Bahasa pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2 SE-Articles). https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2163

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R and D. ALFABETA.

Taupiqurrahman, M., Hambali, H., & Arifuddin, A. (2022). Pengaruh Metode Linguistik Struktural terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 11(1 SE-Daftar Artikel), 114–118. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/177

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. UNESCO Publishing.

Wahyuningrum, N. (2025). Literasi Digital Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Di Era Digital. 12(01), 1496–1500.

Wati, N. M. A., Rasna, I. W., & Martha, I. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pailkem Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1), 13–25. https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3182

Zulfiansyah, M. M., Atika Nur A, D., & Ova, M. (2023). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Generasi Muda di Era Digital Society 5.0 dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional, 1347–1358.

Published

2025-07-19

How to Cite

Tanwirotul Futuhiyyah. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI WAHANA LITERASI KRITIS DAN HUMANISTIK DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1). Retrieved from https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jpeg/article/view/4542

Issue

Section

Articles