PENGEMBANGAN MATH COMIC BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Authors

  • Muna Muniroh Universitas PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana Universitas PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4073

Keywords:

Math Comic, Contextual Teaching and Learning (CTL), Mathematical Creative Thinking Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan math comic berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.  Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu Analisys (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak sebanyak 31 orang siswa.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi math comic berbasis CTL yaitu dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 83,23% dalam kriteria valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 83,06% dengan kriteria sangat praktis.  Selanjutnya keefektifan, dilihat dari hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dari 31 siswa dengan persentase 80,64% dimana kriterianya efektif.  Demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan math comic berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dalam  materi  bilangan bulat  di  kelas  VII  SMP 13 Negeri Pontianak tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Amalia, N. R., Fajriah, N., & Sari, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Permasalahan Open-Ended. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 177–186.
Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 72–82.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132.
Masruroh, S. (2019). Pengembangan Media Comic Card Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 225–233
Mira. (2024). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 349–357.
Mubarok, H., & Setiawan, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Plotagon Studio Pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 6(4), 1637-1650.
Noviyanti. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Math-UMB.Edu, 3(3), 49–54.
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1),1-11.
Putri, I. A., Siswoyo, & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Usaha Dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 71–78.
Rahayu, D., dkk. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 134-140.
Ramadhani, E. D. (2017). Pengembangan Komik Matematika Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Keliling dan Luas Segitiga Siswa SMP Kelas VII. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 22–30.
Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 225–234.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141.
Supriyadi, T., dkk. (2019). Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 75-82.
Yuliati, R., & Saputro, B. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis CTL pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 22(3), 65-70.
Kadir, A., dkk. (2022). Pembelajaran Matematika Kontekstual dan Kreativitas Siswa. Jakarta: Penerbit Edukasi.
esember-2018-naik-sebesar-0-19-persen.html. Diakses 6 Januari 2020.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Muniroh, M., Oktaviana, D., & Ardiawan, Y. (2025). PENGEMBANGAN MATH COMIC BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4073

Issue

Section

Articles