PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HADITS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nasywa Hilmi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Fara Ulfa Br Sinuhaji Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Zulkipli Lessy UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.2365

Kata Kunci:

Perspektif Hadits, Matematika, Sekolah Dasar

Abstrak

Degradasi moral yang saat ini terjadi pada peserta didik khususnya pada jenjang sekolah dasar. Pendidikan karakter dalam ranah pendidikan di sekolah dasar sangat penting ditanamkan karena pendidikan dasar merupakan awal penerapan moral dalam kehidupan manusia. Pendidikan karakter perspektif hadits pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar diyakini berkontribusi di ranah akademik untuk perbaikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pendidikan karakter dalam perspektif hadits di sekolah dasar. Metode penelitian kepustakaan yang digunakan disini adalah library research, yaitu suatu metode yang menekankan pada sumber-sumber online dan dokumen yang menjadi basis data. Berdasarkan literature review yang dikumpulkan didapatkan hasil bahwa sumber ilmu yang mutlak kebenarannya adalah Al-Qur’an dan hadits, didalam kedua sumber tersebut tidak didapatkan adanya dikotomi ilmu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter perspektif hadits pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan LKPD bersifat valid, praktis, dan efektif.

Biografi Penulis

Nasywa Hilmi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Nasywa Hilmi adalah mahasiswa S2 pada FITK program studi PGMI.

Fara Ulfa Br Sinuhaji, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Fara Ulfa Br Sinuhaji adalah mahasiswa pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga konsentrasi PGMI.

Referensi

Abdullah, M. (2021). Politik Demokrasi Pendidikan Islam: Dampak Politik Demokrasi Pendidikan Islam di Indonesia dan Malaysia terhadap Akses Layanan dan Mutu Pendidikan. Journal Multicultural of Islamic Education, 4(2), 99–109. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/2671
Bairagi, V., & Munot, M. V. (2019). Research Methodology: A Practical and Scientific Apparoach. New York, NY: CRC Press.
Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Third Edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Dasopang, A. S., Pohan, N. K., & Lessy, Z. (2022). Esensi Pembinaan Karakter Anak Bagi Orang Tua dan Guru. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 196-213.
Dhori, M., Aflah, N., Siswadi, S., & Lessy, Z. (2022). Urgensi Menghindari Perilaku Cheating Dalam Perspektif Hadis. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 259-266.
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principal of Instructional Design, Fourth Edition. Harcourt Brace Jovanovich College.
Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(2), 2222–2230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381
Indasari, M. (2017). View of Mendidik Karakter Anak melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Sebuah Desain Pembelajaran Matematika yang Berkarakter. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1040/798
Khawani, A., Lessy, Z., Yulianti, J., & Sulistiawati, A. (2021). Character Education for Children in the Perspective of Hadith. IQRO: Journal of Islamic Education, 5(2), 113-130. htpps://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.3365
Lessy, Z., Aisyah, S., Wulandari, W., & Husaini, F. (2022). Pola Pembiasaan Karakter Siswa Dalam Menjaga Kebersihan. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(1), 1-15.
Nurhadi, N. (2020). Character Education Values in the Alquran: Study of Animal Verses: Bees, Crows, and Lions. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(1), 142–157. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.192
Prahesti, V. D., Istiqomah, N., Akhir, J., & Lessy, Z. (2022). Pendidikan Karakter Perspektif Hadits. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1-9.
Rustika, P., & Rohaiti, T. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Terencana Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematikan. Prosiding FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 1(2). https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/116
Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30-39.
Saputri, A. N. K., Lessy, Z., Siskowati, E., Illahi, R. (2022). The Urgency of Moral Education During Early Childhood Education in the Prespective of Hadith. Jurnal Holistic Al-Hadis, 8(1), 1-14.
Saputro, E. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Cinta Alam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 7(1), 117. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i1.751
Siregar, S. L., & Lessy, Z. (2021). Pendidikan Karakter Perspektif Hadits. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 102-106.
Suyitno, A. (2015). Growing the Character Values to Students Through Application of Realistic Mathematics Education (RME) in the Social Arithmetic Learning. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 59. https://doi.org/10.15294/ kreano.v6i1.4508
Yani, A., & Ningsih, K. (2019). Character Education Strengthening of Students Through the Mathematical Disposition Strategy on Statistics Elementary. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.928
Yenti, E., & Husti, I. (2022). At-Tajdid: Journal of Islamic Studies. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/At-tajdid/index

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Hilmi, N., Br Sinuhaji, F. U., & Lessy, Z. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HADITS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Bahasa Indonesia, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.2365

Terbitan

Bagian

Articles