DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MATH MAZE UNTUK MEMFASILITASI RETENSI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Samnur Saputra Universitas Islam Nusantara
  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Sarah Kusumaningtyas Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.2995

Kata Kunci:

math maze, retensi, minat belajar

Abstrak

Kurangnya minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika berdampak pada daya ingat terhadap suatu materi yang diajarkan. Hal ini merupakan tantangan bagi pendidik untuk mencari metode pembelajaran yang tepat. Sehingga, perlu untuk mengembangkan metode pembelajaran dengan berbantuan games untuk materi barisan dan deret aritmetika. Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan, daya retensi, dan minat belajar setelah pembelajaran matematika berbantuan Math Maze pada materi barisan dan deret aritmetika. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research (DR) dengan desain ADDIE. Data diperoleh melalui validator ahli media dan ahli materi serta peserta didik. Teknik pengumpulan data diantaranya lembar validasi, post-test dan re-test, penyebaran angket, dan wawancara.  Dari hasil validasi Math Maze dikategorikan valid, daya retensi dikategorikan tinggi, dan minat belajar dikategorikan sangat tinggi.

Referensi

Bakker, A. (2004). Design Research In Statistics Education?: On Symbolizing And Computer Tools [Disertasi]. Freudenthal Institute.
Cahya Iskandar, R., Candra Permana, F., & Hidayatullah Firmansyah, F. (2022). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Dasar Bahasa C Untuk Kelas X Multimedia Smkn 1 Majalaya. Indonesia Journal Of Computing, 7(2), 103–114. Https://Doi.Org/10.34818/Indojc.2022.7.2.660
Cahya, T. D. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Have (Qsh) Pada Materi Eksponen Di Kelas X Man 2 Tapanuli Tengah [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Vokaso Menggunakan Linkfly. Indonesian Journal Of Educational Development, 3(2), 199–208.
Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. (1996). The Systematic Design of Instruction. Florida.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Sma Kelas X. Edusains, 4(2), 94–103.
Firdayanti, Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Retensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Number Head Together. In Bidang Ilmu Administrasi, Akuntansi, Bisnis, Dan Humaniora.
Friantini, N. R., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Hidayati, H., Adiyani, A. I., & Ariani, V. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 684–691. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jjupe/Index
Korompot, S., Maryam, R., & Rahmat, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance And Counseling Journal, 1(1), 40–48.
Masfiyah, L., Rufi’i, R., & Harwanto, H. (2019). Studi Komparasi Penerapan Model Guided Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Retensi Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 524. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V19i3.716
Nahriah, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Pada Kelas Vii Di Smp N Bp. Peliung Pemetung Basuki [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Norkhafifah, S., Nur, S., Amuntai, S., & Selatan, K. (2022). Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Di Era New Normal. Al Mi’yar, 5(1). Https://Doi.Org/10.35931/Am.V4i2.908
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i3.2645
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Setiawan, A., Sutarto, & Indrawati. (2012). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika Sma?: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 3–8.
Shofiah, R. I., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model Poe (Predict-Observe-Explain) Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Retensi Siswa Di Smp). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356–363.
Wijayanti, M. T., & Lutfi, A. (2021). Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. Pendipa Journal Of Science Education, 5(3), 269–276. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.5.3.269-276

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Saputra, S., Kosasih, U., & Kusumaningtyas, S. (2024). DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MATH MAZE UNTUK MEMFASILITASI RETENSI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Bahasa Indonesia, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.2995

Terbitan

Bagian

Articles