Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika: Analisis Studi Literatur

Penulis

  • Nanda Nur Fadila Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Fuat Fuat Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Miftahul Khoiri Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Afifatus Sukmawati Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4573

Kata Kunci:

teknologi pembelajaran, matematika, motivasi belajar, media interaktif, studi literatur.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dalam pembelajaran matematika melalui studi literatur. Permasalahan yang menjadi sorotan utama adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang sering kali dipengaruhi oleh metode pembelajaran tradisional yang kurang menarik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kajian pustaka, data dikumpulkan dari artikel-artikel ilmiah yang relevan, baik dari jurnal nasional maupun internasional yang terindeks SINTA dan Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam mendukung pembelajaran matematika. Berbagai media pembelajaran interaktif seperti multimedia interaktif, GeoGebra, Wordwall, augmented reality (AR), QuizWhizzer, dan teknologi cetak 3D terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika yang bersifat abstrak agar lebih konkret. Selain itu, teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, serta keterampilan pemecahan masalah siswa, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Bagi guru, teknologi mempermudah dalam mendesain pembelajaran yang lebih bervariasi, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mendukung peran guru sebagai fasilitator. Namun demikian, penerapan teknologi masih menghadapi hambatan, seperti keterbatasan sarana prasarana dan kesiapan guru dalam mengoperasikan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika perlu dioptimalkan agar dapat membantu siswa menguasai kompetensi yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Referensi

Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., & Atoillah, A. (2023). Studi literatur pemanfaatan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran matematika jenjang SMP/MTS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318.

Hadijah. (2018). Analisis respon siswa dan guru terhadap penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 12–20.

Haryani, M., Wahyuningtyas, R., Sakinah, Z. N., & Susilo, B. E. (2024, Februari). Studi literatur: Penerapan media pembelajaran augmented reality dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika PRISMA, 359–367.

Hibatulloh, R., Wangi, M. P. U. S., Pertama, I. N., Paizrujah, L., & Amini, A. (2024). Analisis peran teknologi dalam perkembangan pembelajaran matematika di era digital. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10, 89–97.

Lutfiani, S., Widodo, & Suryani. (2024). Pengaruh penggunaan media interaktif terhadap motivasi belajar siswa SMK pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 45–54.

Maulana, B. S., Masrukan, M., & Cahyono, A. N. (2025, Maret). Studi literatur: Teknologi 3D printing sebagai media pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika PRISMA, 64–67.

Putu Rissa Putri Intari Dewi, R., Sari, M. R., & Pratiwi, S. P. (2022). Pembelajaran melalui aplikasi media pembelajaran Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 13(1), 89–97.

Ramadani, F., Darmansyah, D., & Desyandri, D. (2022). Studi literatur: Peran teknologi bagi pendidikan dalam revolusi 4.0. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2), 247–258.

Sarda Nuria, N., Permatasari, R. A., & Nugroho, D. A. (2024). Penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 101–109.

Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2023). Analisis penggunaan media digital interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 55–65.

Sulistyaningsih, E., Putri, D., & Suherman, U. (2023). Penggunaan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika di era digital. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21–30.

Wati, R. N. (2022). Analisis media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 10(1), 35–42.

Wulandari, M., Salsabila, N. H., & Ramadhani, A. A. (2025). Analisis efektivitas penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran matematika. Jurnal Media Akademik, 3(1), 75–85.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Fadila, N. N., Fuat, F., Khoiri, M., & Sukmawati, A. (2025). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika: Analisis Studi Literatur. Bahasa Indonesia, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4573

Terbitan

Bagian

Articles