ANALISIS PENALARAN DEDUKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAG GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4598Kata Kunci:
Deductive Reasoning, Problem Solving, Geometry, EthnomathematicsAbstrak
Penyelesaian masalah matematika dengan penalaran masih sangat jarang diteliti. Perlu dilakukan sebuah penelitian guna untuk mengetahui bagaimana siswa berpikir dan memilih langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran deduktif siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berbasis etnomatematika pada siswa kelas VIII SMP Syarifatul Ulum Katerban.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tes soal cerita geometri berbasis etnomatematika dan pedoman wawancara yang menjadi instrumen dalam penelitian ini. Adapun data yang dikumpulkan yaitu hasil nilai ulangan harian materi geometri, tes soal, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Syarifatul Ulum Katerban.
Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan kategori nilai tinggi 28 % mampu memenuhi indikator penalaran deduktif yaitu memiliki kemampuan menyusun argumen logis (siswa mampu memahami masalah dan mampu membuat rencana dalam menyelesaikan masalah), memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara sistematis (siswa mampu melaksanakan rencana dengan menerapkan konsep matematika yang benar), dan memiliki kemampuan mengaitkan pengetahuan dengan konteks lain (siswa mampu mengevaluasi hasil dan memeriksa jawaban dengan teliti). Siswa dengan kategori nilai sedang dengan presentase 50% hanya mampu memenuhi indikator penalaran deduktif yang pertama saja yaitu kemampuan menyusun argumen logis (siswa mampu memahami masalah dan mampu membuat rencana dalam menyelesaikan masalah), dan siswa dengan kategori nilai rendah 22% sama sekali tidak memenuhi indikator penalaran deduktif.
Referensi
Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V. & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i7.138
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V4i2.6370
Cahyanti, A., Kurniawan, I., Kristanto, Y. D. & Kurniawan, H. (2024). Kajian Etnomatematika Pada Alat Musik Saron Di Daerah Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 150–155. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V5i1.3773
Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J. & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V3i1.504
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A. & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika Pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218. Https://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Aksioma/Article/View/5980/3690
Damayanti, N. & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V11i1.691
Delastri, L., Lebang, A., Langi, E. L. & Duma, S. Y. (2024). Penalaran Visual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berbasis Etnomatematika Ukiran Pa ’ Dadu Penalaran Visual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berbasis Etnomatematika Ukiran Pa ’ Dadu. 4(3), 2331–2338.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S. & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cicilan Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 49–58. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V3i1.P49-58
Fatmawati, I. & Umi Hanik. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V8i1.7189
Lestari, S. E. & Fadiana, M. (N.D.). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ethnomatematika Batik Tulis Gedog Untuk. 2(1), 829–841.
Manyira, M., Saidi, S. & Hamid, H. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3), 260–270. Https://Doi.Org/10.33387/Jpgm.V1i3.3529
Nurul Halima Dwi Putri, Anetha L. F. Tilaar & Santje M. Salajang. (2022). Implementasi Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 7 Kotamobagu. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.55606/Jpbb.V1i1.804
Ramdania, V. N., Wulan, S. & Dwiprabowo, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, II(1), 78–85. Http://Jurnal.Stkipkusumanegara.Ac.Id/Index.Php/Semnara2020/Article/View/568
Rohadlotul’Aisy, S. & Ardhana, I. A. (2023). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Jombang Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(2), 17–26.
S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2012v15n1a4
Safitri, E., Anwar, Setiawan, A., Darmayanti, R. & Wardana, M. R. F. (2023). Pinokio Dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri Untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 106–113. Https://Doi.Org/10.61650/Jptk.V1i2.179
Sihombing, C. E., Lubis, R. & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. JURNAL Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295. Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V4i2.2540
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bahasa Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.