Nature Based Learning Strategies for Building Environmental Awareness in Early Childhood

Authors

  • Nahwatun Najmina Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban, Indonesia
  • Karlina Sukmawati Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban, Indonesia
  • Yunita Nur Afifah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24260/albanna.v5i2.4722

Keywords:

Learning Strategy, Nature Based Learning, Outing Class, Early Childhood

Abstract

Pembelajaran berbasis alam merupakan pembelajaran yang memiliki strategi paling efektif dalam mengembangkan metode pembelajaran pada anak usia dini. Guru harus memiliki inovasi baru dalam menerapkan model pembelajaran seperti kegiatan outing class. Kegiatan outing class yang dimaksud adalah kegiatan diluar maupun didalam ruangan dengan memanfaatkan lingkungan dan alam sebagai objek utamanya. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di RA Tarbiyatul Banin Banat 1 Jetak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan outing class memberikan banyak perubahan terhadap anak-anak baik dalam segi perkembangan, pertumbuhan, kreativitas, kemandirian maupun pola pikir anak terhadap lingkungan dan alam sekitar. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, mampu memberikan wawasan dan pengetahuan terhadap guru pendidikan anak usia dini dalam membangun kesadaran lingkungan khususnya di Taman Kanak-Kanak melalui proses pembelajaran berbasis alam.

Nature-based learning is a learning that has the most effective strategy in developing learning methods for early childhood. Teachers must have new innovations in implementing learning models such as outing class activities. The outing class activities in question are activities outside or inside the room by utilizing the environment and nature as the main objects. This research method uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques are carried out through interviews, observations, and documentation at RA Tarbiyatul Banin Banat 1 Jetak. The results of this study prove that outing class activities provide many changes to children both in terms of development, growth, creativity, independence and children's mindsets towards the environment and the surrounding nature. It is hoped that this research will be able to provide insight and knowledge to early childhood education teachers in building environmental awareness, especially in Kindergartens through nature-based learning processes.

References

Andriani, P., & Maulina, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam Dengan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok A di TK Kristen Aletheia Pontianak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1701–1706. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1092

Anisa, C. M., & Wulansari, B. Y. (2023). Outing Class Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Eduwisata Ndalem Kerto. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 762–771.

Aprilia, L., & Trihantoyo, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan Dan Berbasis Religi Islami Di Jenjang Sd Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(2), 1–8.

Azizah, N., Ismaiyah, N., & Nisa, K. (2023). The Application of Nature-Based Early Childhood Education Curriculum. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.31-01

Destriani, D., Nopriyeni, N., Irwandi, I., & Irdalisa, I. (2023). Influence of Outdoor Learning Approaches to Student’s Biology Learning Result. Dharmas Education Journal, 4(1), 573–580.

Hartati, S. (2022). Peran Pendidikan nerbasis Alam dalam Mengembangkan Mecerdasan Alami Anak. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), 161–172.

Hasanah, F. F. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Literasi Digital untuk Anak Usia Dini. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.1984

HMS, D., & Rizqina, A. L. (2025). The Ice Breaking Model in Early Childhood Education: Training Kindergarten Teachers in Indonesia. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1).

Irmawati, Muhammad Alim Kahfi, Mahmudah, Luthfatul Laeli Nur’Afita, Nurul Pertiwi Dwi Widiatin, Sri Harti, & Nazihah. (2025). Analysis of Learning to Make Salted Eggs as an Effort to Introduce Local Wisdom Values at RA Tahdzibul Fuad. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 63–75. https://doi.org/10.19105/kiddo.v6i1.18078

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.1-13

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Mukaromah, L. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.2.85-95

Nisa, L., Naser Ali Abdulghani, & Jamaluddin Shiddiq. (2024). The Comparison in Indoor and Outdoor Physical Activity of Locomotor Skill programs in Preschool. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 553–563. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.15294

Octrianty, E. (2021). Bimbingan Melalui Pembelajaran Outing Class Untuk Melatih Gerak Motorik dan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. EduChild : Majalah Ilmiah Pendidikan, 2(2), 9–18.

Pristikasari, E., Mustaji, & Jannah, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Alam dengan Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak TK. Jurnal Basicedu, 5(5).

Rahmawati, I. W. & Suryadi. (2025). Teachers’ Understanding of Gross Motor Skills in Early Childhood: A Theoretical Review. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–9.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Riawati, E., Imron Rosadi, K., & Mahluddin. (2022). Penerapan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini. Journal of Educational Research, 1(2), 273–298. https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.141

Septarina, E., Marlina, L., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh Outing Class Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Kelompok B di RA Muqtadir Talang Betutu Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9705–9713.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Tobroni, T., Munaji, M., Rozi, F., Rofi’ah, A., & Fadilah, N. (2022). Nature-based Learning Management in Improving Children’s Natural Intelligence. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3899

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Published

2025-07-07

How to Cite

Najmina, N. ., Sukmawati, K., & Afifah, Y. N. (2025). Nature Based Learning Strategies for Building Environmental Awareness in Early Childhood. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 60–68. https://doi.org/10.24260/albanna.v5i2.4722