Implementation of Development Management Local Content Curriculum in Modern Islamic Boarding Schools Al-Azhary Lesmana
Abstract
The purpose of this research is to determine the development of the local content curriculum in the modern Islamic boarding school Al-Azhary Lesmana Ajibarang Banyumas. This research is qualitative research using gap evaluation (DEM). This research was conducted in early 2022. Data collection used observation, interviews, and documentation studies. Data were analyzed descriptively and qualitatively. Evaluation of the look content curriculum implementation program includes implementation, organization, teaching staff, students, funding budget, facilities and infrastructure, and evaluation of learning outcomes. The results of the study show that the entire program for implementing the local content curriculum can run well, although there are still many shortcomings that still need to be addressed. Thus the development of a local content curriculum can have a positive impact on other Islamic boarding schools in the Banyumas district.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kurikulum muatan lokal di pondok pesantren modern Al-Azhary Lesmana Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan evaluasi kesenjangan (DEM). Penelitian ini dilakukan pada awal tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumantasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Evaluasi program pelaksanaan kurikulum muatan lokal mencakup pelaksanaan, pengorganisasian, tenaga guru, siswa, anggaran pembiayaan, sarana prasarana, dan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan keseluruhan program pelaksanaan kurikulum muatan lokal dapat berjalan dengan baik, meskipun masih banyak kekurangan yang masih perlu dibenahi. Dengan demikian pengembangan kurikulum muatan lokal dapat memberikan dampak positif dalam pembelajaran sekolah modern (pondok pesantren) Al-Azhary Ajibrang Banyumas.
Kata kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Muatan Lokal
Downloads
References
Asy’ari, A. & T. H. 2020. “Strategi Pengebangan Kurukulum Merngadapi Tantangan Abad 21”. Jurnal UIN Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, VII(1). https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52.
Aziz, R. 2018. “Implementasi Pengembangan Kurikulum”. Jurnal UIN Aalaudin Makasar, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Vol. VII, No. 1.
Bangun, W. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.
Ghufron, M. 2017. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Kalimedia.
Gullick, L. 1965. Management is a Science. New York: Academy of Management Journal.
Hamalik, O. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Ramdja Rosdakarya.
----------------. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Handoko, T. H. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Huda, A. 2007. Modernisasi Pesantren. Jakarta: Balitbang, Kemenag.
Moloeng, L. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin & A. M. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mukhneri, 2010. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: BPJM Press.
Musholin, 2014. “Kurikulum Pondok Pesantren Muadalah”. Jurnal IAIN Madura. jurnalnuansa@gmail.com.
Nasution, S. 2008. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, R. 2008. Public Policy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Salim, M. H. 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Siagian, S.P. 2000. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Stonner, J. F. 1982. Management. New York: Prentis Engliwod Clift.
Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 12
Usman, U.M. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.