Layanan Informasi Tentang Penyesuaian Diri Pada Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan informasi dalam meningkatkan penyesuaian diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak. Secara khusus, tujuan penelitian ini untuk mengungkap: (1) Penyesuaian diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak sebelum diadakan layanan informasi; (2) Pemberian materi layanan informasi pada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak; (3) Penyesuaian Diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak sesudah diadakan layanan informasi; dan (4) efektivitas keberhasilan layanan informasi dalam meningkatkan penyesuaian diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) kelas II A Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tingkat penyesuaian diri warga binaan perempuan kelas eksperimen rendah, dengan nilai rata-rata pretest 64%. Sedangkan kelas kontrol juga sama rendah, dengan nilai rata-rata pretest 67%. Hal ini mengindikasikan bahwa perlu diadakan layanan informasi untuk meningkatkan penyesuaian diri warga binaan perempuan pada kelas eksperimen; 2) Pemberian materi layanan informasi sebanyak empat kali dengan materi yang berbeda setiap pertemuan; 3) Setelah dilaksanakan layanan informasi pada kelas eksperimen, maka didapatkan nilai rata-rata posttest 77%. Terdapat peningkatan penyesuaian diri warga binaan setelah diberikan layanan layanan informasi sebesar 13%. Akan tetapi kelas kontrol memiliki tingkat kategori rendah, dengan nilai rata-rata posttest 65% dan penurunan sebanyak 2% penyesuaian diri. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya kelas kontrol juga memerlukan layanan informasi, agar dapat mempertahankan dan meningkatkan penyesuaian diri.
References
DAFTAR RUJUKAN
Al-Quran dan terjemahan
Achamad Juntika N. 2009. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama
Ali M, Ansori M. 2012. Peikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Askara
Armen. 2015. Buku Ajar Ilmu Sosial Dan Budaya. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Arikunto, suhasimi. 1990. Prosesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
------------. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
------------. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Bungin, Burham. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Gunawan Ali. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Patama Publishing.
Profil Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Pontianak. 2016
Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
Sari,K. 2012. Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2007. Bimbingandan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Intelek. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakartas: Kencana.