Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Peserta Didik Yang Membolos
DOI:
https://doi.org/10.24260/as-syamil.v1i2.436Kata Kunci:
peserta didik, membolosAbstrak
Abstrak: Membolos merupakan tindakan peserta didik tidak masuk sekolah dengan tanpa keterangan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana strategi, tindakan serta tingkat keberhasilan dari strategi dan tindakan yang dilakukan oleh guru BK terhadap peserta didik membolos sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu 1 orang guru BK, dan sumber sekunder 5 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data komunikasi langsung kepada narasumber baik primer maupun sekunder dengan pedoman wawancara, selanjutnya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis pembahasan yaitu guru BK membuat strategi dengan membuat surat perjanjian atau surat kontrak hukuman, dengan tindakan memberikan layanan konseling individu maupun kelompok juga memberikan hukuman sesuai dengan perjanjian kontrak. Keberhasilan strategi dan tindakan ini memberikan efek jera kepada peserta didik, sehingga peserta didik tidak melakukan tindakan membolos lagi.
Referensi
Ahmad Susanto. 2018. Bimbingan Dan Konseling Disekolah Konsep Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia
Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif-Quantitative Research Aproach. Yogyakarta: Deepublish.
Albi Anggito & Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
A. Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Andi Riswandi . B.P. 2015. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di SMK N 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang. Volume 1 No. 2
Anitiara. 2016. Pengurangan Perilaku Membolos di Sekolah Dengan menggunakan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bumi Tahun Ajaran 2015/ 2016. Skripsi. Mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Budi. A & Edi Purwanta. 2019. Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Kesiapan Karier. Yogyakarta: UNY Press
Djam’an S & Aan K. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Fandi R.S Edi. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutiksprio
Freddy Rangkuti. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Helmi Parzan. 2016. Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Penangkalan Permasalahan Sosial Siswa di Kawasan Wisata. Skripsi. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Laely Rahmawati. 2013. Metode Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Membolos Bagi Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah Kebumen. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maliki. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Suatu Pendekatan Imajinatif. Jakarta: Kencana
Virgin H. Kristanto. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Deepublish
Wayan Suhendra. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra
Yessi H dan Zulmeliza R. 2015. Statistik Dasar Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish