PENGELOLAAN IDARAH MASJID BESAR NURUL HUDUD DI DESA BADAU KECAMATAN BADAU KABUPATEN KAPUAS HULU

  • Novie Anggraeni IAIN Pontianak
Keywords: Pengelolaan Idarah Masjid, Masjid Besar Nurul Hudud, Penelitian Kualitatif

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah orang-orang islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah ritual semata, melainkan masjid harus dimaknai dalam berbagai dimensi kehidupan. Di antaranya, masjid sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi umat, seperti penyelenggara baitulmal, unit pelayananz akat, infaq dan shodaqah. Badau merupakan kawasan hutan yang dominan masyarakatnya ialah suku Dayak Iban yang menganut kepercayaan animisme. Beberapa tahun kemudian, agama pun mulai disyiarkan melalui pendatang yang banyak bemukim di Badau. Salah satunya ialah tokoh kepala adat suku Dayak Iban yakni Panglima Belayong, yang telah memilih untuk memeluk agama Islam. Dan memberikan tanahnya untuk diwakafkan, demi kepentingan masyarakat muslim di Badau. Pada masa pemerintahan Ir Soekarno, kawasan perbatasan saat itu terjadi konfrontasi anatara Indonesia dengan negara Malaysia, sehingga tentara diturunkan untuk mengamankan wilayah perbatasan terutama di Badau. Semakin banyaknya penduduk yang beragama Islam di Badau, membuat para TNI berinisiatif untuk membangun masjid, yakni Masjid Nurul Huda. Namun, pada tahun 1995, masyarakat bersama tokoh agama bersepakat untuk membangun masjid besar, agar bisa menampung lebih banyak jamaah. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pembahasan di dalam tulisan ini merupakan upaya untuk menjawab Pembinaan Idarah Masjid di Perbatasan Badau.

References

Bachtiar, Wardi. 1997. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos

Efendi, Z. (2017). Penyiaran Islam di daerah Perbatasan “Badau” Indonesia-Malaysia. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat.

Ghony, D. Almanshur. F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Handriyant, A.N. (2010). Masjid sebagai pusat pengembangan masyarakat: Integrasi konsep habluminallah, habluminannas dan habluminal’alam. Malang: UIN Maliki Press.

Malayu, SP Hasibuan (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Munir, Muhammad & Ilaihi, Wahyu. 2009. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Pendidkan, Departemen. (1993). Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Prastowo Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suherman, Eman. (2012). Manajemen Masjid. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. (2007). Pedoman Pembinaan Kemasjidan. Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Departemen Agama.

Tim Penyusun. (2008). Tipologi Masjid. Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Departemen Agama, Dirjen Bimas Islam Departemen Agama.

Tim Penyusun. (2018). Data Pokok Kabupaten Kapuas Hulu dalam profil Kecamatan Badau

Tim Penyusun. 2016-2019. KBBI Daring Edisi Kelima. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wahab, dkk. (2015). Nasionalisme dan Pendidikan Agama di Beranda Depan Indonesia. Dalam Prosiding Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 2 nomor 1 tahun 2015. Semarang: Kementrian Agama.

Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.

Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.

Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Raheema,7 (1),18-29.

Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.

Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.

Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.

Widoyoko, EP. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zihra, A. M. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(1), 57-74.

Published
2020-12-11
How to Cite
Anggraeni, N. (2020). PENGELOLAAN IDARAH MASJID BESAR NURUL HUDUD DI DESA BADAU KECAMATAN BADAU KABUPATEN KAPUAS HULU. J-MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 50-66. https://doi.org/10.24260/j-md.v1i1.114
Section
Articles