PERAN DAN FUNGSI TOUR LEADER DALAM PERJALANAN IBADAH UMRAH DI BIRO HAJI DAN UMRAH PT. IHYA TOUR TRAVEL PONTIANAK
Indonesia
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti melihat Tour Leader adalah jabatan dalam perusahaan yang bertugas memimpin dan mengatur jalannya tour wisata baik relegian atau non realigion. Keberhasilan perjalanan ibadah umrah sangat bergantung pada seorang tour leader, tanggung jawab seorang tour leader perjalanan ibadah umrah untuk mengambil kebijakan demi kelancaran dalam penyelenggaraan ibadah umrahTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peran dan fungsi Tour Leader PT. Ihya Tour dalam memimpin dan mengarahkan rombongan jamaah ibadah umrah; untuk mengetahui SOP Tour Leader yang di tetapkan oleh SKKNI,kendala-kendala yang dihadapi Tour Leader PT. Ihya Tour Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data-data yang didapatkan dari lembaga kemudian diolah secara sistematis baik berupa kata-kata tertulis, arsip dan lisan yang diamati untuk memperoleh gambaran informasi yang terhubung dengan peran Tour Leader dalam memimpin rombongan ibadah umrah. Maka diperoleh Tour Leader PT. Ihya Tour dan Travel pontianak mempunyai tugas penting dalam mewujudkan perjalanan ibadah umrah yang berjalan baik dan lancar serta memiliki kemampuan dalam melayani secara cepat dan tepat memberikan rasa aman dan nyaman, an kenangan baik kepada jamaah sehingga tercapainya kepuasan pada jamaah. SOP Tour Leader PT. Ihya Tour dan Travel sudah sesuai dengan SOP Tour Leader yang ditetapkan oleh SKKNI. Kendala- kendala yang dihadapi dalam perjalanan ibadah umrah antara lain, jamaah yang susah untuk di arahkan, jamaah yang sakit, jamaah yang tersesat, dan jamaah yang kebingungan menggunakan fasilitas yang ada di sediakan selama dalam perjlanan.
Kata Kunci: peran, Tour Leader, PT Ihya Tour dan Travel, Umrah.
References
Abdul Aziz dan Kustini, Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik. Jakatra:Puslibatang Kehidupan Keagamaan, 2007
Anita Rahayu,T, Ridwan purnama dan Heri Puspito,DS. Kinerja Tour Leader Dalam Meningkatkan Perilaku Pasca pembelian Dimasa Yang Akan Datang Paket Wisata di Marga Tour (Survei Terhadap Wisatawan Yang Menggunakan Paket Wisata Marga Tour Bandung. Jurnal turism and Hospitality Essential, Volume 4 (2): 1-16, 2014
Dzil Asraril dan H Aulia, Pelaksanaan Tugas Taour Leader Umrah Di PT Pandi Kencana Murni (PAKEM) Tours Pekan Baru. Jurnal FISIP, Volume 6 (2): 1-18, 2019
Imam Gunawan, Metode penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Angkasa, 2015
Okta A Yoeti, Tour Leader Profesional Fungsi, Tugas, dan Tanggung jawab. Bandung: Angkasa. 20013
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA, 2010
Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, hal. 49, 2005
Gabriele, Analisis Penerapan Standar Oprasional Prosedur (SOP) di Departemen Marketing dan HRD PT CAHAYA INDO PERSADA. Jurnal AGORA, Volum 6 (1): 1-10, 2018
Suharman, Psikologi Kognitif, Surabaya: Srikandi.2005.
Dimyati dan Mudjiyono,Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.2010.
M. Karebet W dan M. Ismail Yusanto, Pengantar Manajemen Syariat, Jakarta: Gramedia, 2002, hlm 109
M. Karebet W dan M. Ismail Yusanto, Pengantar Manajemen Syariat, Jakarta: Gramedia, 2002, hlm 10
Hadari Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003, hlm. 29.
Imam Rifusua, Analisis Pengaruh Struktur Kota-Sistem Transportasi- Komunikasi BBM Kota-kota Di Jawa. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, Volume 2 (12): 101-110, 2010
Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.
Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.
Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Jurnal Raheema,7 (1),18-29.
Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.
Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.
Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.
http://kalbar.kemenag.go.id/data/jumlah-jamaah-haji,diakses tanggal (27November 2019).
http://www.kemenpar.go.id/post/standar-kompetensi-kerja-nasional-Indonesia-skkni-bidang-pariwisata diakses tanggal (2 Desember 2019).
(https://www.liputan6.com/news/read/3543003/first-travel-kasus-penipuan-jemaah-yang-menghebohkan, diakses tanggal 30 November 2019).
(https://radarlombok.co.id/ dampak-kasus-first-travel-pendaftar-travel-umrah-menurun.html, diakses tanggal 30 November 2019).
http://www.kemenpar.go.id/post/standar-kompetensi-kerja-nasional-Indonesia-skkni-bidang-pariwisata diakses tanggal (2 Desember 2019)
Copyright (c) 2020 ARYADI ARYADI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).