Penerapan Fungsi Manajemen Pada Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah Kalimantan Barat

  • Hendri Gunawan IAIN PONTIANAK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi objektif tentang penerapan fungsi manajemen di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kalimantan Barat: 1) Perencanaan dalam manajemen Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU); 2) Pengorganisasian dalam manajemen Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU); 3) Pelaksanaan dalam manajemen Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU); 4) Pengawasan dalam manajemen Zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung dan studi dokumenter.

Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan yang diterapkan oleh LAZISMU Kalimantan Barat meliputi: a) perencanaan tahunan ,perencanaan fundrising ,perencanaan keuangan ,perencanaan program yang berjalan berdasarkan waktu dan dana yang telah ditargetkan.  2) Pengorganisasian yang di terapkan LAZISMU Kalimantan Barat meliputi: a) dilakukan harian, mingguan, bulanan, tengah tahun dan tahunan, pengorganisasian ini tidak terbatas, sesuai dengan kebutuhan yang di lapangan. 3) Pelaksanaan yang diterapkan LAZISMU Kalimantan Barat  yaitu terdapat 5 program meliputi: a) program pendidikan b) kesehatan c) ekonomi d) sosial kemanusiaan e) dakwah. 4) Pengawasan dengan mengevaluasi setiap program-program yang ada.

References

aldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.

Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Prakarya dan kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.

Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.

Waldan, R (2020) Total Quality Management dalam Persperktif Islam. ICRHD: Journal of International Conference on Religion, Humanity, and Development, 1 (1), 159-268.

Waldan, R (2020) The Effect of Achivement Motivation Training on Improving Women EnterpreneursMotivation Sambas District, 7 (1), 18-29.

Published
2020-12-30
How to Cite
Gunawan, H. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Lembaga Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen Dakwah (J-MD), 1(2), 42-50. Retrieved from https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/j-md/article/view/270
Section
Articles