STRATEGI PENGKADERAN DA’I DI PONDOK PESANTREN AL-MUKHLISHIN DESA ANTIBAR KECAMATAN MEMPAWAH TIMUR KABUPATEN MEMPAWAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Bagaimana perumusan, penerapan, dan evaluasi strategi pengkaderan da’i di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada pimpinan pondok pesantren, beberapa dewan asatidz dan beberapa santri. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen penting, file, dan jadwal kegiatan yang berkaitan dengan pengkaderan da’i di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. Tekinik yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan datanya yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Strategi yang dirumuskan untuk mencapai tujuan dari pengkaderan da’i adalah dengan dirumuskannya beberapa program pengkaderan da’i. 2) Penerapan strategi melalui beberapa program pengkaderan da’i yakni program pelatihan pidato, program muhadharah, dan prorgam kajian kitab. 3) Evaluasi dilakukan dalam bentuk pengawasan oleh pembina program selama proses kegiatan berlangsung. Evaluasi juga dilaksanakan saat rapat bulanan dewan asatidz namun hanya mengevaluasi hasil sikap santri selama mengikuti program pengkaderan da’i sehingga tidak ada evaluasi terhadap program-program pengkaderan da’i.
Kata Kunci: Strategi, Pengkaderan Da’i, Pondok Pesantren.
References
Andrews, Kenneth R. 2005. Konsep Strategi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Aris Risdiana. 2014. Transformasi Peran Da’i dalam Menjawab Peluang dan Tantangan (Studi Terhadap Manajemen SD). Yogyakarta: Jurnal Dakwah. Vol. XV no.2.
Bambang, Hariadi. 2005. Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Cucu Nurjamilah. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi SAW. Pontianak: Journal of Islamic Studies and Humanities IAIN Pontianak. Vol. 1, No. 1.
David, Fred R. 2002. Manajemen Strategis. Jakarta: Prenhallindo.
Hariyanto. 2018. Relasi Kredibilitas Da’I dan Kebutuhan Mad’u Dalam Mencapai Tujuan Dakwah. Depok: Jurnal Tasamuh. Vol XVI no.2.
Hasan. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bandung: Ghalia Indonesia.
Imam Machali. 2010. Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah). Bandung: Pustaka Educa.
Ismail Sholihin. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.
KBBI Daring, https://kbbi.kemdikbud.go.id/, akses pada 17 Juli 2020
Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.
Maryaeni. 2005. Metode Penelitian Kebudayaan. Jakarta: Bumi Aksaraa.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Muhtadi dan Safei. 2003. Metode Penelitian Dakwah. Bandung : Pustaka Setia.
Purnomo. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pendek. Jakarta: Rineka Cipta.
Thoifah. 2015. Manajemen Dakwah. Malang: Madani Press.
W. Gulo. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Yunus. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
https://risalahmuslim.id/quran/ali-imran/3-104/ 17 juli 2020 akses pada 17 Juli 2020
Copyright (c) 2021 dea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).