Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (Trust) Dan Sharia Compliance Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah

Authors

  • Agnes Tasya Puspita Dewi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Rita Kusumadewi Kusumadewi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Ayus Ahmad Yusuf IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2671

Keywords:

Knowledge, Trust, Sharia Compliance, Interest in Use

Abstract

Purpose: This study aims to determine the influence of knowledge, trust, and sharia compliance on interest in using Islamic bank products. 
Design/methodology/approach: This research uses a quantitative approach with field research methods and case studies. The population in this study is members of the Mekarjaya Village Taklim Council. with a sample of 80 respondents. Data analysis techniques in this study are descriptive analysis and statistical analysis consisting of validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, t tests (partial), F tests (simultaneous) and determination coefficient tests (). The testing process was assisted using IBM SPSS Statistic version 26.
Research Findings: The results showed that the variable of product knowledge had a positive and significant effect on the interest in using Islamic bank products with an influence of 48%. Trust variables have a positive and significant effect on interest in using Islamic bank products with an influence of 30%. Sharia compliance variables have a positive and significant effect on interest in using Islamic bank products with an influence of 2%. The variables of product knowledge, trust and sharia compliance have a positive and significant effect on interest in using Islamic bank products with an influence of 79%. Contribution/Originality/Novelty: The results showed that the variable of product knowledge had a positive and significant effect on the interest in using Islamic bank products with an influence of 48%.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan,  kepercayaan (trust), dan sharia compliance terhadap minat menggunakan produk bank syariah.
Desain / metodologi / pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan studi kasus (case study). Populasi pada penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Desa Mekarjaya dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (). Proses pengujian tersebut dibantu dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26.
Temuan Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 48%. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 30%. Variabel sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 2%. Variabel pengetahuan produk, kepercayaan (trust) dan sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 79%.  
Kontribusi / Orisinalitas / Kebaruan: Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 48%.

References

Doni, J. P. (2017). Perilaku Nasabah: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

G.a, h., & a. N, h. (2021). Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu). Journal of Islamic Banking.

Heriska, p. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, dan Pelayanan Syariah terhadap Preferensi Tabungan BSI. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(4), 345–359.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 da).

Mowen, & Minor. (1998). Consumer Behavior (edisi ke 5).

Nurlaila, d. N. (2019). Implementasi Kepatuhan Syariah dalam Produk Pembiayaan Murabahah dan Ba’i Bitsaman Ajil.

Rudi Haryono. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 133–156. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.95

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (M. Dr. Ir. Sutopo, Ed.; Edisi 2). Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran) (R. Sikumbang, Ed.; edisi ke 2). Ghalia Indonesia.

Sutedi, & Adrian. (2009). Perbankan Syariah.

Published

2024-08-19

How to Cite

Puspita Dewi, A. T., Kusumadewi, R. K., & Yusuf, A. A. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (Trust) Dan Sharia Compliance Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1), 9–28. https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2671

Issue

Section

Articles