Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan (trust) dan Sharia Compliance terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2671Kata Kunci:
Kata Kunci: Pengetahuan, Kepercayaan (trust), Sharia Compliance, Minat PenggunaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan (trust), dan sharia compliance terhadap minat menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dan studi kasus (case study). Populasi pada penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Desa Mekarjaya dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (). Proses pengujian tersebut dibantu dengan menggunakan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 48%. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 30%. Variabel sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 2%. Variabel pengetahuan produk, kepercayaan (trust) dan sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan produk bank syariah dengan pengaruh sebesar 79%. Penelitian ini menggunakan variabel independen pengetahuan, kepercayaan (trust) dan sharia compliance serta minat menjadi variabel depeneden dengan periode yang lebih update sehingga hasil peneli tiannya lebih akurat dengan kondisi sekarang ini.
Kata Kunci: Pengetahuan, Kepercayaan (trust), Sharia Compliance, Minat Penggunaan
Referensi
Doni, J. P. (2017). Perilaku Nasabah: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
G.a, h., & a. N, h. (2021). Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu). Journal of Islamic Banking.
Heriska, p. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, dan Pelayanan Syariah terhadap Preferensi Tabungan BSI. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(4), 345–359.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 da).
Mowen, & Minor. (1998). Consumer Behavior (edisi ke 5).
Nurlaila, d. N. (2019). Implementasi Kepatuhan Syariah dalam Produk Pembiayaan Murabahah dan Ba’i Bitsaman Ajil.
Rudi Haryono. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 133–156. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.95
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (M. Dr. Ir. Sutopo, Ed.; Edisi 2). Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran) (R. Sikumbang, Ed.; edisi ke 2). Ghalia Indonesia.
Sutedi, & Adrian. (2009). Perbankan Syariah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agnes Tasya Puspita Dewi, Rita Kusumadewi Kusumadewi, Ayus Ahmad Yusuf

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.