Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Ponorogo Angkatan 2020 Tidak Menggunakan Bank Syariah Sebagai Media Utama Transaksi Keuangan

Penulis

  • Resya Adika Putri
  • Ajeng Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkubs.v4i1.3740

Kata Kunci:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Mahasiswa.

Abstrak

Bank syariah berdiri karena masyarakat muslim yang ingin bertransaksi tanpa takut
terjadinya riba, kenyataannya masih dijumpai masyarakat muslim tetap menggunakan bank
konvensional, tak terkecuali mahasiswa perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan
mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa Perbankan Syariah IAIN
Ponorogo Angkatan 2020 tidak menggunakan bank syariah sebagai media utama transaksi
keuangan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui
kuesioner kepada mahasiswa aktif jurusan Perbankan Syariah Angkatan 2020 IAIN Ponorogo.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus
Slovin, maka ditemukan sampel 66 responden. Teknik pengolahan dan analisis datamenggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis
menggunakan IBM SPSS 27. Hasil penelitian ini variabel fasilitas berpengaruh positif dan
signifikan dengan nilai sig 0,002 < 0,05 , variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 , dan variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan
dengan nilai sig 0,003 < 0,05 Variabel fasilitas, kualitas pelayanan, dan lokasi secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Ponorogo
Angkatan 2020 tidak menggunakan bank syariah sebagai media utama transaksi keuangan
dengan nilai sig 0,000 < 0,05

Referensi

Anang Firmansyah, Muhammad. “Perilaku Konsumen, 27.,” n.d., 27.

Assauri, Soffian. Manajmen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Daryanto, and Ismanto Setyabudi. Customers and Excellent Service. Yogyakarta:

Gava Media, 2014.

Kotler & Keller. Manajemen Pemasaran. 13 jilid 2., 2021.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Marketing Management. Jakarta: PT. Lades,

Nofriansyah. “Factors That Influence the Low Interest of IAIN Curup Students to

Make Transactions and Save at Bank Syariah Mandiri,” 2019, 3.

Peter, J.Paul, and jerry c. Olson. Consumer Behavior Perilaku Konsumen. Jakarta:

Penerbit Erlangga, 2000.

Sari, Meilisa Nisa, and Br Brahmana. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Mahasiswa Tidak Menggunakan Bank Syariah Sebagai Transaksi Utama” 1,

no. 2 (2022): 173.

Swasta, Basu, and T. Hani Handoko. Marketing Management Consumer Analysis

and Behavior. Yogyakarta, 2000.

Tjiptono. Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Yogyakarta, 2014.

Tjiptono, Fandy. “Marketing Strategy,” 2017, 16.

———. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta, 2012.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. Service Quality And Satisfaction.

Yogyakarta: Andi, 2001

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Putri, R. A., & Wahyuni, A. . (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Ponorogo Angkatan 2020 Tidak Menggunakan Bank Syariah Sebagai Media Utama Transaksi Keuangan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 4(1), 90–101. https://doi.org/10.24260/jkubs.v4i1.3740

Terbitan

Bagian

Articles