Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Disleksia Di Era Pandemi Covid-19
Abstract
Abstrak: Tujuan penulisan ini yakni untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam proses belajar anak disleksia di era pandemi covid-19. Penelitian ini memaparkan terkait pola asuh orang tua dan keterkaitannya dengan dampak yang muncul pada anak dengan gangguan disleksia. Penelitan ini merupakan jenis penelitian literatur review menggunakan jenis sumber data sekunder berupa artikel ilmiah yang linier. Data-data yang diperoleh kem udian direduksi untuk selanjutnya dilakukan analisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni adanya perbedaan yang dihasilkan dari adanya pola asuh yang berbeda mulai dari pola asuh permisif, otoriter, dan deokratis. Anak disleksia yang memperoleh perlakuan pola asuh demokratis cenderung lebih mudah untuk berkembang dan meningkatkan potensinya apabila dibandinkan dengan anak yang memperoleh perlakuan pola asuh otoriter terlebih saat pandemi dimana pendidikan anak sepenuhnya dilakukan secara daring dengan penuh pengawasan dari orang tua
References
DAFTAR RUJUKAN
Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Dewi Kristiantini. 2020. Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia
Gunarsa, Singgih. 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia. Rosmawati, D., & Samodra, Y. J. (2021). Pendampingan anak yang memiliki kesulitan belajar "Disleksia" di Sekolah. Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 93-100.
Latifah, Nafisyah. (2022). Problematika pembelajaran daring anak mengalami kesulitan belajar “disleksia”. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 6 No. 01, Juni 2022, Hal 291-302 E-ISSN : 2549-7367 https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i01.5639
Nofitasari, A., Ernawati, N., & Warsiyanti. (2016). Teori Dan Metode Pengajaran Pada Anak Dyslexia. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. Yogyakarta: Repository UPY.
Ririn, Fauziah. 2021. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.”Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia” .Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1127-1137 doi : 10.31004/obsesi.v5i2.645
Sadikin, & A, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
Setiadi, Hermawan Wahyu. (2015). ”Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Siswa Disleksia”. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY. pp. 88 - 96.
Sidiarto, & Djokosetio, L. (2007). Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia Presss.
Simbolon.2021. Literature Review Untuk Penelitian Kesehatan.Yogyakarta : Bintang Pustaka Madani
Sri Respati Andamari, U. A. (2017). Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android dan Terapi Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak dengan Gejala Disleksia. Jurnal Psikologi, Volume 2(No 1), 18.