ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

المؤلفون

  • Futiha Rahma Maulida Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1538

الكلمات المفتاحية:

Kesulitan Belajar، Soal Cerita، Aritmatika Sosial

الملخص

Matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Ada beberapa materi matematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali matematika menjadi hal yang sulit. Beberapa siswa tidak menyukai matematika dan sering melakukan kesalahan saat mengerjakan sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial terdapat siswa yang mengalami kesulitan. Hal ini terlihat ketika siswa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan saat mengerjakan soal cerita. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa dan faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa dan guru kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa meliputi kesulitan memahami konsep aritmatika sosial, kesulitan menghitung, dan kesulitan memecahkan masalah. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar adalah dengan memberikan tambahan penjelasan atau dengan memberikan tambahan soal latihan sebagai sarana latihan siswa.

المراجع

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Fatimah, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Upaya Menanganinya Pada Siswa Kelas III A SD NEGERI 011 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi.
FITRI, N. M. A., Adhirakasiwi, A., & Utami, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 1(1a)., 1, 295–302.
Khasanah, U. (2015). kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Kurniati, I. (2019). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial di kelas vii smp negeri 11 muaro jambi skripsi. Skripsi.
Mahgfirah, D. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Problem Solving Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial SMPN 2 SUNGGUMINASA.
Sutisna, S. (2010). Analisis kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV MI YAPIA Parung-Bogor. In Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3256

التنزيلات

منشور

2023-06-30

كيفية الاقتباس

Maulida, F. R. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1538

إصدار

القسم

Articles