KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAMBAR MASJID

  • Zulkarnain zulkarnain IAIN Pontianak
  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak
Keywords: kemampuan komunikasi matematis, Bangun datar, Gambar Masjid

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi bangun datar ditinjau dari gambar masjid. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau karakteristik suatu populasi atau sampel secara sistematis. Seluruh siswa kelas VIII B MTS Mujahidin berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai populasi dan jumlah sampel pada penelitian ini  adalah 15 siswa. Lembar tes dengan pertanyaan berbasis gambar dan lembar jawaban siswa berfungsi sebagai instrumen dalam penelitian ini. MTs Mujahidin di pontianak masih dalam taraf kategori sedang, yang di mana karenanya harus dilakukan upaya dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi matematis. berbentuk soal yang berisikan gambar dan lembar jawaban siswa. Hasil penelitian memberi tahu, tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menganalisis gambar. 10 orang masih dalam kategori rendah, 3 orang dalam kategori sedang dan hanya 2 orang yang masuk ke taraf tinggi dalam konteks kemampuan komunikasi matematis, sehingga dapat dikatakan bahwasanya tingkat kemampuan komunikasi matematiskemampuan komunikasi matematis

References

Al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 11-12. 2019. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Eka, P, H., dkk, 2020. KEMAMPUAN-KEMAMPUAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN NYA. Sumedang : UPI Sumedang Press
Hodiyanto, H. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9.
Islami, Q. T. W., dkk. (2022). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN BIASA DAN CAMPURAN. Al Khawarizmi: jurnal pendidikan matematika, 2(1).
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463.
Mualimul Huda & Mutia. (2017). MENGENAL MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(2).
Muhammad frendrik, 2019. PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND PADA SISWA. Surabaya: Media Sahabat Cendekia
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82, 99.
Pratiwi, A. R, & Abd. Qohar. (2020). PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal pendidikan matematika. Jurnal AdMathEdu. 7(1),
Raihan, 2017. METODOLOGI PENELITIAN. Jakarta: Universitas Islam Jakarta
Sandu Siyoto & Ali, S. M, 2015. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Karang Anyar: Literasi Media Publishing
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 873.
Susanto, H. A, 2019. PEMAHAMAN PEMECAH MASALAH BERDASAR GAYA KOGNITIF. Yogyakarta: Deepublish
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
Published
2023-12-31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)