ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA CANVA DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

  • Putri Kusuma Wardani
  • Sarika Putri
  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
Keywords: media, canva, wordwall, pola bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media canva dan wordwall pada pembelajaran matematika materi pola bilangan kelas VIII di SMP Negeri 2 Jongkong. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif,  dengan jenis penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi, yaitu kelas VIII yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Wawancara diperuntukkan kepada guru dan kuesioner tertutup diisi oleh siswa di google form kemudian dikirimkan melalui whatsapp group kelas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa hasil dari rata-rata kuesioner yang telah diisi oleh siswa adalah 29,6% siswa yang sangat setuju, 53,6% siswa yang setuju, 12,2% siswa ragu, 3,5% siswa tidak setuju, dan 1,2% siswa yang sangat tidak setuju. Dari data tersebut mengindikasikan penggunaan media canva dan wordwall, efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi pola bilangan.

Published
2022-12-24
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)