ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN TEORI PELUANG PADA PERMAINAN HOMPIMPA

Authors

  • Versha Syakira IAIN Pontianak
  • Hidayu Sulisti IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v2i2.2215

Keywords:

Etnomatematika, Permainan Tradisional, Teori Peluang

Abstract

Tujuan dan penelitian ini adalah pengenalan teori peluang pada permainan hompimpadi pondok pesantren Darul Qur'an Al-Haramain Pontianak. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian adalah 7 siswa dari Pondok Pesantren pesantren Darul Qur'an Al-Haramain Pontianak. Sebelum melakukan penelitian, ada beberapa siswa yang belum mengetahui bahwa di dalam permainan tradisional salah satunya permainan hompimpa tedapat unsur dari matematika. Guna mengaitkan permainan hompimpa ke dalam etnomatematika, peneliti sedikit menjelaskan di dalam permainan hompimpa terdapat unsur matematika salah satunya teori peluang, dan memberi contoh soal kaitan permainan dengan teori peluang. Setelah itu, 7 siswa membuat 2 kelompok yang dimana 1 kelompok ada yang berjumlah 4 orang, dan 1 kelompok berjumlah 3 orang. Setelah terbentuk kelompok maka siswa bermain masing-masing dengan kelompoknya. Setelah mendapatkan pemenang permainan mereka tidak bermain lagi, dan mereka sedikit menyadari kalau didalam permainan juga ada unsur matematika, dan agak lebih mudah dipahami. Kesimpulannya Setelah bermain mereka agak lebih memahami matematika dengan mudah melewati permainan hompimpa tersebut.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Syakira, V., & Sulisti, H. (2023). ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN TEORI PELUANG PADA PERMAINAN HOMPIMPA. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.24260/add.v2i2.2215

Issue

Section

Articles