ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN TEORI PELUANG PADA PERMAINAN HOMPIMPA
Abstract
Tujuan dan penelitian ini adalah pengenalan teori peluang pada permainan hompimpadi pondok pesantren Darul Qur'an Al-Haramain Pontianak. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian adalah 7 siswa dari Pondok Pesantren pesantren Darul Qur'an Al-Haramain Pontianak. Sebelum melakukan penelitian, ada beberapa siswa yang belum mengetahui bahwa di dalam permainan tradisional salah satunya permainan hompimpa tedapat unsur dari matematika. Guna mengaitkan permainan hompimpa ke dalam etnomatematika, peneliti sedikit menjelaskan di dalam permainan hompimpa terdapat unsur matematika salah satunya teori peluang, dan memberi contoh soal kaitan permainan dengan teori peluang. Setelah itu, 7 siswa membuat 2 kelompok yang dimana 1 kelompok ada yang berjumlah 4 orang, dan 1 kelompok berjumlah 3 orang. Setelah terbentuk kelompok maka siswa bermain masing-masing dengan kelompoknya. Setelah mendapatkan pemenang permainan mereka tidak bermain lagi, dan mereka sedikit menyadari kalau didalam permainan juga ada unsur matematika, dan agak lebih mudah dipahami. Kesimpulannya Setelah bermain mereka agak lebih memahami matematika dengan mudah melewati permainan hompimpa tersebut.
References
Ayu, dkk. (2021). Faktor, Analisis, Penyebab Kesulitan, Belajar Matematika: “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(3).
Dr Subaryanta. “Mata Pelajaran Muatan Lokal Pendidikan Budaya Sarolangun Dan Anti Narkoba (PBSAN) Untu SMP Kelas VII,” 2023.
Lengkana, Anggi Setia, and Yusep Mulyana. “Permainan Tradisional - Yusep Mulyana, Anggi Setia Lengkana - Google Buku.” Salam Insan Mulia, 2019.
Mudzakir, Dicky Oktora. “Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu.” Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi 10, no. 1 (2020): 44. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941.
Nuristiqomah, Addina, Aloysius Mering, Dian Miranda, Article Info, Traditional Games, and Childhood Learning. “Volume 11 Nomor 8 Tahun 2022 Halaman 944-951 DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN” 11 (2022): 944–51. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57153.
Rahmah, Nur. “Hakikat Pendidikan Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 1, no. 2 (2018): 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.