ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP KELAS XI SMA NEGERI 2 PULAU MAYA

  • Usman Usman
  • Wiwid Wiwid
  • Hidayu Sulisti IAIN Pontianak
Keywords: tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, validitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan matematika semester genap kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Kualitas butir soal tersebut dapat dilihat melalui perhitungan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 54  siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil analisis validasi terdapat 3 soal yang tidak valid dan 17 soal yang valid. Sedangkan untuk analisis reliabilitas bisa dikatakan reliabel karena sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Terdapat 18 soal yang tingkat kesukarannya sedang dan 2 soal yang tingkat kesukarannya mudah pada analisis tingkat kesukaran. Pada analisis daya pembeda terdapat 5 soal dengan kriteria jelek, 9 soal dengan kriteria sangat baik, 5 soal dengan kriteria cukup dan 1 soal dengan kriteria baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan mengenai 20 butir soal tersebut melalui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, terdapat 17 soal yang memenuhi kriteria layak dipakai dan terdapat 3 soal yang harus direvisi.

References

Aliati, & Ibrahim, M. (2013). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 Smp Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Asmawi Zainul dan Noehi Nasoetion. 1997. Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.

Sitti Mania. (2012). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Sudjono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, Sumarna. Analilisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT Remaja Rodaskarya, 2004), 43.

Syamsuddin. (2012). Pengukuran Daya Pembeda, Taraf Kesukaran, dan Pola Jawaban Tes (Analisis Butir Soal). At-Tajdid, 1(2).

Tallu, S. M. (2019). Analisis butir tes ujian sekolah berstandar nasional matematika SMP. Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Makasar.

Winkel W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: grasindo.

Published
2022-12-24
Section
Articles