ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK MATERI ALJABAR BERDASARKAN TIPE KASTOLAN

  • Selvie Selvie IAIN Pontianak
  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
  • Ressy Rustanuarsi IAIN Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika realistik materi aljabar berdasarkan tipe Kastolan serta mengindentifikasi penyebab kesalahan  tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMPN 23 Pontianak tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 31 peserta didik. Selanjutnya, dipilih 9 peserta didik secara purposive sampling sebagai subjek penelitian untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal realistik materi aljabar berdasarkan tipe Kastolan oleh sebagai berikut: 1) kesalahan konseptual meliputi kesalahan mengungkapkan kembali konsep, kesalahan mengilustrasikan soal ke model matematika, kesalahan menggunakan sifat operasi aljabar, dan kesalahan mengaplikasikan konsep operasi aljabar; 2) kesalahan prosedural meliputi penyelesaian yang tidak lengkap, langkah penyelesaian tidak beraturan, dan tidak menyelesaikan soal sampai akhir; dan 3) kesalahan teknik meliputi kesalahan berhitung, dan kesalahan penulisan. Penyebab peserta didik melakukan kesalahan diantaranya karena belum menguasai materi prasyarat aljabar, belum menguasai materi aljabar, tidak memahami maksud soal, tidak terbiasa mematematisasikan masalah, tidak memeriksa kembali jawaban, tidak termotivasi mendapatkan nilai yang bagus, peserta didik sama sekali tidak memahami materi aljabar, kurang teliti, tidak fokus menyelesaikan soal, dan tidak sempat memeriksa kembali jawaban.

Published
2024-08-27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)