ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING DAN LURING MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Selvie Selvie
  • Siti Komariah
  • Desty Septianawati IAIN PONTIANAK
Keywords: Pembelajaran, Daring, Luring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk mencari tahu rata-rata hasil belajar matematika siswa ketika pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Adapun tahapan penelitian ini terdiri dari tahap orientasi yang dilakukan melalui wawancara awal dengan salah satu guru Matematika di SMA Negeri 1 Tebas. Tahap kedua yaitu tahap ekplorasi dengan teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik non tes melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian tahap yang ketiga yaitu analisis data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa secara luring lebih unggul dibanding hasil belajar siswa secara daring. Dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIA dalam pembelajaran daring adalah 74,13 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas XII MIA dalam pembelajaran luring adalah 79,66. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar matematika secara daring dan luring pada siswa jurusan MIA angkatan 19 di SMA Negeri 1 Tebas.

Published
2022-12-24
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)