PENGARUH PENERAPAN HOME VISIT METHOD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYYAH 1 PONTIANAK

  • Desty Septianawati IAIN PONTIANAK
  • Maya Maya
Keywords: Home Visit Method, Aktivitas Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar peserta didik yang tidak berlangsung sebagaimana mestinya (tatap muka) dikarenakan wabah Covid-19, sehingga menghambat aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi Satuan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak, kelas III tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design (pra-eksperimen) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang diberikan perlakuan) dan kelas kontrol (tidak diberikan perlakuan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan Home Visit Method berpengaruh signifikansi dengan nilai probabilitas 0,000 atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi. (2) penerapan Home Visit Method dalam pembelajaran tema 6 subtema 1 materi Konversi Satuan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikembangkan berdasarkan dengan kebutuhan guru dan peserta didik. (3) diperoleh rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 89,87 sedangkan rata-rata skor post-test kelas kontrol sebesar 67,08. (4) terdapat pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha = 0,05%, maka Ho ditolak. (5) besar pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi konversi satuan kelas III SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ialah sebesar 39,04 atau 39 %.

References

A.M. Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Ahmad Sudrajat. (2011). Mengatasi Masalah Peserta didik Melalui Layanan Konseling Individual. Yogyakarta : Paramitra Publishing.

Anas, Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Anton, M. Mulyono. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung : Yrama.
Dimyati dan Mujiyono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta. Hallen. (2002). Bimbingan Dan Konselling Dalam Islam. Jakarta : Ciputat Press.
Hamdani Syarief. (2012). Bimbingan Penyuluhan. Bandung : Pustaka Setia.
Khairawati & Andina N.W. 2018. Menara Penelitian. Pontianak : IAIN Pontianak Press. Martinis, Yamin. (2007). Kiat Pembelajaran Peserta didik. Jakarta : Gaung Persada Press dan
Center For Learning Innovation (CLI).

Oemar, Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. (2009). Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan
R&D). Bandung : CV Alfabeta.

Husna Amalia. (2016). Implementasi I Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI Di SDIT Al-Azhar Kediri. Jurnal Didaktika Religia Volume 4, No 1, Hal 79, Tahun 2016.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Vol. 1, No 1, Hal 22, Juni 2017.

Konita dkk. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Vol 20, No 1, Hal 4 Tahun 2018 .
Published
2022-06-28
Section
Articles