PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI BARISAN DAN DERET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret; (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret dan (3) Mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam materi Barisan dan Deret. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 52 orang dan dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu soal tes uraian, lembar observasi dan dokumen. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana menggunakan variabel dummy. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning pada peserta didik dalam materi Barisan dan Deret 100% sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model PBL; (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik rata-rata kelas eksperimen pada pretest yaitu 40,03 masuk kategori rendah dengan persentase 100% dan 39,09 untuk kelas kontrol masuk kategori rendah dengan persentase 100%. Untuk posttest rata-rata kelas eksperimen 83,90 masuk kategori tinggi dengan persentase 100% dan 71,45 untuk kelas kontrol terdapat 13 peserta didik masuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 59% sedangkan 41% terdiri dari 9 peserta didik masuk dalam kategori sedang dan (3) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 berarti pada taraf nyata 5% diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam materi Barisan dan Deret kelas IX Raudlatul Firdaus Sungai Ambawang.
References
Lubis, R. N, dkk. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jakarta: Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 7 No. 2 hal 25.
Perwitasari, D & Edy, S. (2017). The Developned Of Learning Material Using Problem Based Learning To Improve Mathematical Communication Ability Of Secondary School Students. Medan: IJSBAR. Vol. 33 No. 3.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Aceh: Lantanida Journal. Vol. 7 No.1 hal 77.
Saputro dan Rahayu. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran: Vol. 4 No.1 hal 192.
Solikhin. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa. Sekaran: Action Research Journal. Vol. 2 No. 1 hal 23.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A dan Siti, A. (2020). Problem Based Learning To Improve Critical Thinking Ability In Indonesia: A Systematic Literature Review.Malang: Jurnal Pedagogik. Vol.7 No.1. Hal 112.