KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPL)

  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak
  • Rindah Permatasari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bahan Ajar, Sistem Persamaan Linear

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear di SMK Bina Sabjanoba. Metode dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yakni tes dan juga angket. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal sistem persamaan linear serta lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear dengan menggunakan bahan ajar sistem persamaan linear pada tingkat tinggi termasuk ke dalam kategori sangat rendah. kemampuan siswa dalam memecahkan masalah termasuk dalam kategori rendah kebanyakan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada persamaan linear tiga variabel, sehingga bahan ajar yang dibuat masih perlu diperbaharui sehingga mudah dipahami oleh setiap siswa dan membantu siswa dalam memecahkan permasalahan sistem persamaan linear.

References

Harahap,E.R & Edy, Surya. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah matematis Peserta didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan linear dua variabel. SEMNASTIKA UNIMED,Medan: 6 mei 2017.Hal.268-272
Hesti, Cahyani. (2016). Pentingnya peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.Hal.151-160
Kharisma, J.Y & Sugiman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal pendidikan matematika dan sains.(IV)2.Hal: 142-151
Ma’sum. Ali. (2014). Profil kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Prodi Pendidikan matematika. STKIP PGRI Jombang.
Nisa, H. M., Sa’adijah, C., & Qomar, A. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK bergaya kognitif field dependent. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 230–239.
OECD. (2010). PISA 2009 RESULT: What student know and can do student performance in reading, mathematics, and science (volume 1)
Oktavia, M. Aliffia,Teja P & Isroyati.(2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post test. Simposium Nasional Ilmiah dengan tema peningkatan kualitas publikasi ilmiah melalui hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat.7 November 2019.Hal.596-601
Prastiwi, M.D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada peserta didik Kelas VII SMP. e-Journal-pensa. (06)01 : hal : 98-103
Purnama, Irma & Wahyu, Setiawan. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Jurnal of mathematics Education IKIP Veteran Semarang. (3)2: Hal : 207-215
Tambunan, Hardi. (2014). Strategi Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech. Vol. 06 – No. 04
Published
2022-06-28
Section
Articles