MEDIA PEMBELAJARAN ELIMINASI GAUSS PADA MATRIKS ORDO 3X3 BERBASIS MATLAB

  • Rizki Ramadhania
  • Dheah Hairunisa
  • Havizul Havizul
Keywords: Media Pembelajaran, MatLab, Eliminasi Gauss

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir dan menyelesaikan masalah mahasiswa dalam pembelajaran Eliminasi Gauss pada Matriks ordo 3x3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil survey masalah yang telah dilakukan melalui kuesioner online menunjukkan sebanyak rata-rata 61,9% dari 21 mahasiswa menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran Eliminasi Gauss, yaitu sering keliru dalam melakukan perhitungan di salah satu atau beberapa langkah penyelesaian soal Matriks 3x3 dengan metode Eliminasi Gauss,  lupa langkah selanjutnya pada saat mengerjakan, dan sering lupa materi ketika tidak diulang kembali.  Bedasarkan hasil analisis masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran Eliminasi Gauss berbasis MatLab. Hasil evaluasi satu-satu oleh ahli materi dan ahli media, mendapatkan kriteria yang layak digunakan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa terbantu dalam pembelajaran Eliminasi Gauss. Untuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran ini dapat ditambahkan fungsi untuk menghitung soal Matriks dengan selain metode Eliminasi Gauss seperti metode Eliminasi Gauss Jordan, aturan Cramer dan metode Substitusi.

References

Afri, L. D., & Lestari, N. (2021, oktober). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN METODE ELIMINASI GAUSS-JORDAN. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 166-167. doi:https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3576

Akram, & Maryam, K. (2021). Jurnal literasi digital . Pengembangan Media Interaktif Berbasis Blog di SMA Negeri 1 Tommo, 141. Diambil kembali dari https://literasidigital.my.id/journal

Cahyani, N. P., & Eska, W. (2021). Jurnal CERDAS Proklamator. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI IKLANUNTUK SISWAKELAS V SDN 20 TALAWI KECAMATAN KOTOXI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN, 9(1), 40. doi:https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.77

Havizul, Aunurrahman, & Mering, A. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR. JPPK : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 3. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35663

MASHURI, S. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

MathWorks, I. (2022). MATLAB Mathematics. Natick, MA: The MathWorks, Inc.

Muqdamien, B., Umayah, Juhri, & Raraswaty, D. P. (2021, Februari). TAHAP DEFINISI DALAM FOUR-D MODELPADA PENELITIAN RESEARCH & DEVELOPMENT (R&D) ALAT PERAGA EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Intersections, 6(1), 27-28. doi:https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Sahyar. (2016). ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN Menggunakan MATLAB (Matrix Laboratory).

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, FMIPA UM. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU UNO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG , 956. doi:10.31219/osf.io/qt4mv

Wanto, S., Okilanda, A., Arisman, Lamos, M. E., Putra, D. D., Hikmah Lestari, M. A., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg Dan Gall. Wahana Dedikasi Jurnal pkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 47.

Wirayasa, I. D., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengembangan Intrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013, 8(3), 81-87.

Yao, R. (2015). Matlab In 8 Hours.

YUNITA, S. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK.

ZULKARNAIN, & SABARYATI, J. (2020). SOLUSI NUMERIK LOGIKA FISIKA BERBASIS MATLAB ALGORITM. (Y. UMAYA, Penyunt.)

Published
2022-12-25
Section
Articles