PENGEMBANGAN PERANGKAT PENGHITUNG NILAI DAN JUARA OTOMATIS BERBASIS EXCEL PADA RUBRIK PENILAIAN LOMBA POSTER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu, mempermudah dan mempercepat tugas juri dalam melakukan penilaian terhadap hasil karya peserta lomba dalam perlombaan desain poster di acara Milad ke-2 Prodi Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian & pengembangan (RnD) dengan produk utama yang dihasilkan berupa perangkat penghitung nilai dan juara otomatis berbasis excel untuk lomba desain poster. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Perangkat penilaian berbasis excel ini diimplementasikan dalam kegiatan lomba desain poster yang digelar oleh Prodi Tadris Matematika dalam rangka Milad ke-2. Hasil implementasi menunjukkan perangkat ini dapat menghitung total skor dan nilai penentu juara lomba secara cepat dan realtime segera setelah ketiga juri selesai memasukkan penilaian, serta menampilkan nama peserta yang menjadi juara I, II, III, dan IV, sehingga perangkat ini sangat efektif dan efisien digunakan sebagai perangkat penghitung otomatis nilai dan juara dalam lomba desain poster.

Author Biography

Daniarti Daniarti, SDN 24 Sungai Kakap

Riwayat Pendidikan :

  1. S2 TEP UNTAN : Tahun 2010 – 2012
  2. S1 PGSD UNTAN : Tahun 2008 – 2010
  3. D2 PGSD STAIN : Tahun 2000 – 2002
  4. MAN 1 Pontianak : Tahun 1997 - 2000

Riwayat Pekerjaan :

  1. Asesor Program Sekolah Penggerak (PSP) Kemendikbud Tahun 2021 s/d sekarang
  2. Asesor Program Guru Penggerak (PGP) Kemendikbud Tahun 2022 s/d sekarang
  3. Asesor Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kemendikbud Tahun 2022 s/d sekarang
  4. Kepala Sekoah di SDN 24 Sui. Kakap, Kab. Kubu Raya, Tahun 2022 s/d sekarang
  5. Tenaga Pengajar di Universitas Nahdatul Ulama Kalbar dari tahun 2015 s/d sekarang
  6. Guru Bantu di SDN 36 Sungai Tekong Tahun 2005 s/d 2008
  7. Tenaga Pengajar di SDN 18 Sungai Kakap Tahun 2008 s/d 2019
  8. Tenaga Pengajar di SDN 40 Sungai Kakap sejak Tahun 2019 s/d 2022

References

adminlp2m. (2022, March 04). Mengenal Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D. Retrieved from LP2M Universitas Medan Area: https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/
Ahmad, A. P. (2012). Kreativitas Desain Poster Dalam Kompetisi Desain Poster Nasional. HUMANIORA, 3(1), 232-245. doi:https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3257
Andriani, D., Hamdu, G., & Karlimah. (2021). Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development dan Konteks Berfikir Sistem di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1321-1336. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.514
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Media Poster Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(1), 38-46. doi:10.17977/um031v8i12021p038
Fiqhri, Z., A., N. P., & Ahmadi, Z. (2022). Analisis Desain Poster Film Indonesia Era 90an dengan Poster Film masa kini. IMAGINARIUM: Jurnal Seni Rupa & Desain, 3(2), 60-70.
Hilmi, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Maydiantoro, A. (2021). Research Model Development: Brief Literature Review. JURNAL PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK INDONESIA (JPPPI), 1(2), 29-35. Retrieved from LPPM-UNILA-IR: http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model%20Penelitian%20dan%20Pengembangan.pdf
Ramadhania, R., Hairunnisa, D., & Havizul. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN ELIMINASI GAUSS PADA MATRIKS ORDO 3X3 BERBASIS MATLAB. Jurnal Al 'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 1-14. Retrieved from https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1140/404
Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 448-456. doi:10.31949/jb.v3i3.2904
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.
Published
2023-06-30
Section
Articles