PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v3i2.3482الكلمات المفتاحية:
Media Perminan Ular Tangga, Minat, Hasil Belajarالملخص
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh positif yang signifikan dari media permaianan ular tangga terhadap minat belajar; (2) pengaruh positif yang signifikan dari media permaianan ular tangga terhadap hasil belajar; (3) hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan paradigma penelitian yaitu paradigma ganda dengan dua variabel dependen. Bentuk penelitian Pre-eksperimental desaign. Rancangan penelitian Pre-Eksperimental Design adalah One Group Pretest-Posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak yang terdiri dari sepuluh kelas yaitu kelas VII A sampai dengan kelas VII J. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media permainan ular tangga terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Ngeri 16 Pontianak. Pengaruh itu dapat dilihat setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t dengan atau > maka Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Ngeri 16 Pontianak. Pengaruh itu dapat dilihat setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t dengan atau > maka Ho ditolak Ha diterima. 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan hasil belajar di kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak dengan dan uji signifikansi yaitu 9,07.
المراجع
Ahmadi, Abu dan Prasetya, J. T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Amiq, Lutfi. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Macromedia Flash
Terhadap Minat Belajar IPS Sejarah Kelas VIII SMP Negeri Pecangaan.
Skripsi. [Online]. Tersedia: lib.unnes.ac.id/19886/1/3101409046.pdf
Ardhisan, G. D. (2014). Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Journal Student UNY, 6 (1). [Online]. Tersedia: http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/11889/91/1050. Hotml [5 April 2016]
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian Edisi ke-2. Surakarta. UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).
. (2011). Penelitian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
Hamdani, dkk. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP. Skripsi Untan. [Online]. Tersedia: file:///C:/Users/User/Downloads/14981-45407-1-PB.pdf.
Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gaja Mada University Press.
Pamudi. (2011). Pengaruh Penggunaaan Permainan Monopoli terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMP Kemla Bhayangkara I Kabupaten Kubu Raya. Pontianak. Skripsi FKIP Universitas Tanjungpura..
Puspasari,A. E. (2010). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Metode Spesilisasi Tugas Tipe Co-Op Co-Op Pada Siswa kelas VIII CSMP Negeri 3 Berbah. Skripsi UNY. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/1407/
Riduwan, M. B. A. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sari, A. R. (2014). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang. Skripsi Universitas Bengkulu. [Online]. Tersedia: http://repository.unib.ac.id/8784/
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar daan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulya, Uly. (2012). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Salatiga.. Skripsi STAIN. Hotml [28 Febuari 2016]
Zuldafrial. (2012).Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Rineka Cipta