ETNOMATEMATIKA PADA KERAJINAN ANYAMAN PANDAN DI DESA GRENGGENG KEBUMEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v4i1.3714الكلمات المفتاحية:
Etnomatematika، Anyaman Pandan، Media Pembelajaran Matematikaالملخص
Penelitian ini berlatar belakang oleh anggapan bahwa matematika merupakan ilmu yang sulit dipahami dan membosankan sehingga mengakibatkan rendahnya daya tarik dan minat siswa ketika bertemu mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya alat bantu menunjang pembelajaran sehingga memudahkan penyampaian materi sehingga siswa tidak mengalami kesulitan. Penelitian fokus pada analisis konsep matematika pada kerajinan anyaman pandan serta menggali informasi terkait respon awal jika kerajinan anyaman pandan digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang diperoleh dari hasil dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan tema budaya. Pada analisis domain terdiri dari domain benda, alat dan gambar. Pada analisis taksonomi berupa suatu peta konsep. Pada analisis komponensial berupa pengecekan kembali tiap komponen guna memperoleh keabsahan data. Pada analisis tema budaya ditemukan lima sub tema berupa geometri, garis, sudut, kekongruenan dan kesebangunan. Hasil penelitian menunjukkan analisis adanya konsep-konsep matematika yang terdapat pada kerajinan anyaman pandan. Hasil pembahasan menunjukkan terkait informasi kerajinan anyaman pandan digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang mendapatkan respon awal yang cukup baik dari guru matematika karena dapat memudahkan dalam menyampaikan materi, mengasah kemampuan berpikir dan memungkinkan dapat membuat daya tarik dan minat siswa untuk belajar matematika.
المراجع
Adawiyah, Rabbiatul, Skripsi. Etnomatematika Pada Kerajinan Tangan Anyaman Purun Masyarakat Desa Walatung (Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 2022)
Dhiki, Y. Y. (2021). Eksplorasi etnomatematika sebagai sumber belajar matematika di kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698–2709.
Fiantika, Feny Rita, & Anita Maharani, Metodologi Penelitian Kualitatif (Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022)
Gawen, M. N. H. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Anyaman Daun Lontar Kebudayaan Lamaholot. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847
Haryoko, S. (2020). Analisis Data Penelitian (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Kumara, Agus Ria, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2018)
Kuswandi, D. (2024). Etnomatematika Melayu: Mengungkap Konsep Matematika Geometri pada Tepak Sirih. HINEF?: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3, 2–8.
Nafisah, Skripsi. Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Dari Paser Sebagai Media Pembelajaran Matematika (Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 2023)
Nasution, Abdul Fattah, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Harfa Creative, 2023).
Netiana, Irnovita, Skripsi. Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Masyarakat Dayak Kenyah (Tarakan: Universitas Borneo Tarakan, 2022)
Rodliyah, Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan (Jember: IAIN Jember Press, 2021)
Sugiarti, T. (2021). Etnomatematika pada Produk Kerajinan Besi di Desa Wuluhan Jember sebagai Bahan Membuat Paket Soal Matematika Kelas XI. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 17–18. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24371
Wahyuni, N. sri. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Peka, 4(2), 35–40. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819
التنزيلات
منشور
كيفية الاقتباس
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Bahasa Indonesia

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.