ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA SISWA SMPN1 RASAU JAYA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v2i2.1706Kata Kunci:
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Deskriptif KualitatifAbstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 siswa kelas VII SMPN 1 Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan pada indikator 1 subjek berada pada tingkat 3 yang berarti siswa mampu melaksanakan tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan tahap melaksanakan rencana penyelesaian. Pada indikator 2 subjek berada pada tingkat 3. Pada indikator 3 subjek berada pada tingkat 3. Pada indikator 4 subjek berada pada tingkat 4 yang berarti siswa mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Jadi secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 1 Rasau Jaya tergolong sedang.