KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEKONGRUENAN DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v3i2.3189Kata Kunci:
Kata kunci: berpikir kritis, pendidikan matematika, self-confidenceAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal kekongruenan yang ditinjau berdasarkan self confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Penelitian dilaksanakan pada 23 siswa kelas XII IPA MA Al-Khoirot. Subjek penelitian dipilih tiga siswa berdasarkan self confedence yakni tinggi, sedang dan remdah. Hasil penelitian diperoleh data bahwa siswa dengan tingkat Self-Confidence tinggi dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan siswa dengan tingkat Self-Confidence sedang dapat memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan siswa dengan Self-Confidence rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Dalam hal ini artinya pola berfikir kritis matematis siswa terhubung dengan sikap percaya diri (self-Confidence), semakin tingggi tingkat percaya diri yang dimiliki siswa maka tingkat berfikir kritis matemtis siswa juga tinggi.
Referensi
Arifin, Z?; Rosdakarya. 2008. “Implementasi Pembelajaran Tematik Di Tulungagung" (Studi Multi Situs Di SDI Miftahul Huda Plosokandang Dan SDI Al Azhaar Rejoagung Tulungagung). B.” Skripsi 1(5): 1–4.
Christidamayani, Agatha Puri, and Yosep Dwi Kristanto. 2020. “The Effects of Problem Posing Learning Model on Students’ Learning Achievement and Motivation.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 2(2): 100–108.
Danaryanti, Agni, and Adelina Tri Lestari. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATEMATIKA MENGACU PADA WATSON-GLASER CRITICAL THINKING APPRAISAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI BANJARMASIN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 116–26.
Dewi Kurniawati, Arta Ekayanti. 2020. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” PENTINGNYA BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA 3(2): 1–8.
Hajar, Mira Siti, and Eva Dwi Minarti. 2019. “Pengaruh Self Confidence Siswa SMP Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 2(1): 1.
Hidayat, Wahyu. 2017. “Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi.” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 15–28.
Iverson, Brent L, and Peter B Dervan. 2012. Education Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research.
Khasmawati, Hanik, St Budi Waluya, and Mohammad Asikin. 2022. “Self Confidence Siswa Dalam Memecahkan Soal Serupa Pisa Berkonten Changes and Relationships.” Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) 4(1): 1–7.
Khoirunnisa, Pramudya Hilma, and Putri Nur Malasari. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence.” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) 7(1): 49–56.
Martyanti, Adhetia. 2013. “P – 3 Membangun Self-Cofidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia (November): 978–79.
Martyanti, Adhetia, and A Pendahuluan. 2013. “Jurnal Matematika Dan Self Confidence.” MEMBANGUN SELF-COFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (November): 978–79.
Ningsih, Santika Purwa, and Attin Warmi. 2021. “Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP.” Maju 8(2): 621–28.
Nurkholifah, Siti, Toheri, and Widodo Winarso. 2018. “Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika The Correlations between Self Confidence and Student’s Critical Thinking Skill in Learning Mathematics.” Jurnal Edumatica 08(April): 58–66.
Ratna Purwati, Hobri, Arif Fatahillah. 2016. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKANMASALAH PERSAMAANKUADRAT PADA PEMBELAJARANMODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING.” ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKANMASALAH PERSAMAANKUADRAT PADA PEMBELAJARANMODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING: 84–93.
Tresnawati, Tresnawati, Wahyu Hidayat, and Euis Eti Rohaeti. 2017. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 2: 116–22.
Widana, I Wayan. 2018. “Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson.” Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson 2(1): 24–32.
Zetriuslita, Zetriuslita, Rezi Ariawan, and Hayatun Nufus. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa.” Infinity Journal 5(1): 56.