PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM MENINGKATAKAN NUMERASI DI SDN 41 EMPLASMENT

Penulis

  • Monika Anjelina Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Bernadeta Ritawati Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3196

Kata Kunci:

Kampus Mengajar; Numerasi; Sekolah Dasar

Abstrak

Kampus Mengajar adalah program MBKM yang mendorong mahasiswa untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar, dengan fokus khusus pada daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi dan dampak yang diberikan oleh mahasiswa yang berpartisipasi dalam Kampus Mengajar angkatan ke-7 terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa di SDN 41 Emplasment, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengamatan langsung di lapangan (observasi) dan analisis dokumen terkait (studi dokumentasi) digunakan untuk mengumpulkan data. Permainan tradisional yang dimodifikasi untuk numerasi, seperti permainan engklek dan lompat tali numerasi, program bengkel numerasi, dan media untuk mengajar pohon matematika dan puzzle bangun datar, termasuk dalam program yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif memberikan dampak positif pada peningkatan numerasi siswa. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar menjadi pemimpin dan mendapatkan pengalaman mengajar dalam program ini.

Referensi

Dekantari, N. (2024). Program kampus mengajar sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 19 Ampenan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 75. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/index
Dwi Etika, E., Cindy Pratiwi, S., Megah Purnama Lenti, D., & Rahma Al Maida, D. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.
Fauzi, T. I., Astuti, N. P., Nur, D., & Rahmawati, U. (n.d.). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi (Vol. 03, Issue 02).
Fitri, Y., & Juliani, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Bantuan Game Sederhana. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 118–127. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i1.1076
Hasanah, U., & Aeni, Y. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik SMPN 2 Janapria. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(2), 88–92. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.254
Irawati, S. (2023a). Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Di SDN Wonocolo 1 Taman Sidoarjo Melalui Program Kampus Mengajar. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.692
Irawati, S. (2023b). Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Di SDN Wonocolo 1 Taman Sidoarjo Melalui Program Kampus Mengajar. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.692
Marlina, Y., Muhdar, R., Stkip, D., & Raha, K. (n.d.). Merdeka Belajar: Studi Kasus Kampus Mengajar Angkatan 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(23), 448–462. https://doi.org/10.5281/zenodo.7421476
Mei Vella, A., Darmayanti, N., & Faizah, Y. N. (2023). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Wadah Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di SD Negeri Kedungmegarih (Vol. 04, Issue 02).
Nuriyah An-Nisa, Y., Martinus Legowo, dan, Studi Sosiologi, P., & Ilmu Sosial, J. (n.d.). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Motivasi di SD Negeri Poter 2 Bangkalan. In Universitas Negeri Surabaya (Vol. 2022).
Penulis, N., & Prayudi, A. (n.d.). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu Corresponding Author. 1(7), 2023. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Rismauli, J., & Munthe, B. (2022). Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru. 1, 201–206. https://doi.org/10.26760/rekakarya.v1i3.201-206
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Yani, D., Cahyono, N., & Aliyyah, R. R. (2024). MBKM: Persepsi Mahasiswa Tentang Kampus Mengajar (Vol. 3).
Yuliastuti, N. D., & Pujiastuti, H. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Kompetensi SMPN Satu Atap Curug. Kota Serang. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 90–98. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202351.13469
Rahma, A.H. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-27

Cara Mengutip

Anjelina, M., & Ritawati, B. (2024). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM MENINGKATAKAN NUMERASI DI SDN 41 EMPLASMENT. Bahasa Indonesia, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3196

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama